Pengguna WhatsApp Reguler Kini Bisa Balas Pesan Otomatis Tanpa WA Business, Begini Caranya

Fitur autoreply WhatsApp atau membalas pesan WhatsApp secara otomatis memang baru tersedia di WhatsApp (WA) versi Business.

ist
Logo WhatsApp 

TRIBUNTERNATE.COM - Pengguna WhatsApp reguler kini bisa membalas pesan secara otomatis. Bagaimana caranya? 

Fitur autoreply WhatsApp atau membalas pesan WhatsApp secara otomatis memang baru tersedia di WhatsApp (WA) versi Business, yang ditujukan untuk para pemilik usaha.

Namun, pengguna WhatsApp reguler pun bisa membalas pesan otomatis, meski tidak mendaftarkan diri sebagai akun WhatsApp Business, dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Nah, tahukah Anda bahwa dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa membuat semacam chatbot untuk membalas pesan secara otomatis, tanpa harus membuka aplikasi WA?

Sebenarnya, banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membalas pesan WA secara otomatis di toko aplikasi Google Play Store.

Ini Solusi Cegah WhatsApp Dibajak, Jangan Klik OK saat Muncul Notifikasi Nomor Tidak Terdaftar

Namun, pilihan KompasTekno tertuju pada aplikasi Auto Reply buatan PransuInc lantaran memiliki sejumlah fitur yang terbilang cukup lengkap dan gratis. Lantas, bagaimana cara memakai aplikasi tersebut?

Cara bikin pesan balasan otomatis

Pertama-tama, unduh aplikasi Auto Reply yang tersedia di Google Play Store lewat tautan berikut ini. Setelah terpasang, buka dan izinkan aplikasi untuk membaca notifikasi WA yang masuk.

Beberapa saat kemudian, pengguna bakal disodori dengan tampilan utama aplikasi Auto Reply. Di sini, klik ikon "+" yang berada di bagian tengah bawah antarmuka aplikasi untuk mulai membuat chatbot.

x
Cara membuat pesan balasan otomatis WhatsApp Business lewat aplikasi Auto Reply.(KOMPAS.com/Bill Clinten)

Pada halaman selanjutnya, pilih jenis aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan, apakah WhatsApp reguler (WA Official) atau WhatsApp Business, kemudian tulis kata kunci atau pesan yang nantinya bakal memicu balasan otomatis.

Halaman
12
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved