Breaking News:

Idul Adha 2020

Wanita Haid Bisa Ganti Puasa Tarwiyah dan Arafah dengan Perbanyak Zikir, Begini Penjelasan Ustaz

Umat Muslim berlomba-lomba meraih pahala sebanyak-banyaknya menjelang hari raya Idul Adha 2020.

Shutterstock
Ilustrasi periode menstruasi 

TRIBUNTERNATE.COM - Umat Muslim berlomba-lomba meraih pahala sebanyak-banyaknya menjelang hari raya Idul Adha 2020

Salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dijalankan umat Muslim yakni Puasa Tarwiyah di hari ke-8 bulan Dzulhijjah dan dilanjutkan dengan Puasa Arafah keesokan harinya. 

Menurut Ustadz Adi Hidayat, ada banyak amalan yang bisa diperbuat selain berpuasa.

Yakni dengan melakukan banyak shalat sunnah di setiap kesempatan serta zikir dan sholawat.

"Perbanyaklah shalat sunnah selain shalat fardhu, seperti shalat qobliyah, shalat badiah, shalat syuruq, shalat dhuha, shalat tahajud," jelas Ustadz Adi Hidayat dalam ceramahnya yang dikutip Wartakotalive.com.

Idul Adha 2020: Ini Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Artinya

Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha 2020, Berikut Keutamaannya

Lalu bagaimana dengan wanita yang mengalami haid di bulan Dzulhijjah dan tidak bisa melaksanakan Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah?

"Meski demikian amalan rutin yang dikerjakan saat suci itu dihitung. Maka berbahagialah muslimah-muslimah yang dalam keadaaan bersuci memperbanyak amal shaleh seperti Rajin puasa sunnah, shalat sunnah, baca Alquran."

"Maka ketika dia sedang haid dan tidak bisa mengerjakan amalan itu maka tetap dicatat pahalanya. Dalilnya jelas dari sahabat Rasulullah, Abu Hurairah mengatakan Jika seorang hamba tengah sakit atau semisal seperti orang sakit atau bahkan dalam kondis safar yang menjadikan ia sulit menjalankan amal seperti sebelumnya dalam keadaan sehat maka walaupun tidak mengerjakan tetap dituliskan pahalanya sempurna seperti saat dia mengerjakan," jelas Ustaz Adi Hidayat (UAH).

Maka dari itu, imbuh UAH, maka manfaatkan amalan lain dengan banyak berzikir, minta ampunan pada Allah SWT memperbanyak istighfar : Astaghfirullah hal adzim, belajar dari tafsir, belajar tajwid, belajar hadist.

"Jadi pahalanya makin dapat lagi dengan semua ini. Dan juga tidak menghalangi untuk membeli hewan kurban kalau memungkinkan," tutur UAH.

Halaman
1234
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved