Breaking News:

Virus Corona

Kasus Covid-19 Melonjak, Wiku: Yang Penting Disiplin, Mau PSBB atau Tidak, Kasusnya Pasti Terkendali

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menjelaskan soal kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi belakangan ini.

Dok. BNPB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. 

TRIBUNTERNATE.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menjelaskan soal kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi belakangan ini.

Menurutnya, selain PSBB transisi yang berkontribusi terhadap bertambahnya kasus, ada hal lain yang disoroti Wiku.

"Sebenarnya kalau disiplin menjalankan protokol kesehatan, adanya mobilitas yang tak bisa dicegah, terutama pada kegiatan yany esensial, harusnya tidak meningkatkan kasus," kata Wiku dalam dialog  publik melalui Youtube BNPB, Jumat (11/9/2020).

Petugas saat memberikan sanksi kepada pengguna jalan yang tidak menggunakan masker saat berkendara di kawasan Depok, Jawa Barat, Selasa (21/7/2020). Warga yang tak memakai masker selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional tahap kedua berlaku di wilayah Kota Depok, Jawa Barat bakal dikenakan sanksi berupa denda Rp50 ribu. Sanksi berlaku mulai Kamis mendatang (23/7). Tribunnews/Jeprima
Petugas saat memberikan sanksi kepada pengguna jalan yang tidak menggunakan masker saat berkendara di kawasan Depok, Jawa Barat, Selasa (21/7/2020). Warga yang tak memakai masker selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional tahap kedua berlaku di wilayah Kota Depok, Jawa Barat bakal dikenakan sanksi berupa denda Rp50 ribu. Sanksi berlaku mulai Kamis mendatang (23/7). Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Jika mobilitas meningkatkan kasus, Wiku mengartikan protokol kesehatan tidak dijalankan.

"Jadi ini adalah pelajaran besar buat kita semuanya. Kalau kita tidak disiplin, nanti akan terjadi PSBB enggak ada gunanya," katanya.

Pasalnya, dikatakan Wiku, jika PSBB diterapkan dan kasus positif menurun, nanti akan kembali lagi meningkat ketika PSBB kembali transisi.

"Jadi yang penting disiplin. Mau PSBB tidak PSBB, kasusnya pasti terkendali," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wiku: ''Yang Penting Disiplin, Mau PSBB tidak PSBB, Kasusnya Pasti Terkendali''
Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved