Breaking News:

Simak Tata Cara Perpanjangan SIM Secara Online, Siapkan Berkas-berkas Ini

Setiap pengemudi kendaraan bermotor diwajibkan memiliki SIM sebagai tanda legitimasi yang sah untuk berkendara di jalan raya.

Kompas.com/Gilang
Smart SIM 

TRIBUNTERNATE.COM - Berikut prosedur perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online. 

Setiap pengemudi kendaraan bermotor diwajibkan memiliki SIM sebagai tanda legitimasi yang sah untuk berkendara di jalan raya.

Secara resmi, di Indonesia SIM diterbitkan oleh Satuan Petugas Administrasi (Satpas) dan Polri untuk SIM Internasional. Adapun SIM keluaran Satpas terdiri atas dua jenis, yakni SIM umum dan SIM perorangan.

Menurut Peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi, dokumen penting tersebut memiliki masa aktif selama lima tahun. Setelahnya, pemilik harus melakukan perpanjangan.

Apabila pemilik terlambat dalam mengaktifkan kembali SIM maka mereka harus mengajukan pembuatan SIM baru dan mengikuti serangkaian tes mengemudi.

Adapun cara perpanjangan SIM, saat ini bisa dilakukan berbagai cara mulai dari datang langsung ke kantor Satpas sampai melalui layanan daring atau online.

Baca juga: Kaesang Pangarep Unggah SIM Jokowi Jawab Pertanyaan Warganet soal Status Pekerjaan Ayahnya di KTP

Baca juga: Tak Harus ke Satpas, Perpanjangan SIM Bisa Lewat Layanan Keliling, Ini Alur dan Biayanya

Daftar satpas yang sudah terdaftar online dapat dilihat pada bagian 'Daftar Satpas Online' di laman http:// sim.korlantas.polri.go.id.

Berikut tata cara perpanjangan SIM secara online dikutip dari laman resmi Korlantas Polri:

1. Langkah pertama yang perlu dilakukan pengemudi apabila akan perpanjang SIM secara online ialah mengakses web registrasi SIM Online di http://sim.korlantas.polri.go.id

2. Lalu, klik “Pendaftaran SIM Online”

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved