Breaking News:

Ingatkan Kapolri Listyo Sigit, Komisi III DPR: Jangan Sampai Kewenangan Pam Swakarsa Kebablasan

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR, masyarakat umum pada saat ini masih dalam situasi yang traumatik atas Pam Swakarsa yang pernah ada pada 1998-1999.

Editor: Rizki A
Dok. Divisi Humas Polri
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo saat konferensi pers di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2020). 

TRIBUNTERNATE.COM - Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (27/1/2021) hari ini. 

Saat uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di hadapan Komisi III DPR, Listyo menyatakan akan menghidupkan kembali Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa atau Pam Swakarsa.

Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh mengatakan, satu di antara program prioritas Listyo yaitu menghidupkan Pam Swakarsa.

Pam Swakarsa yang akan diaktifkan oleh Listyo Sigit Prabowo dilandasi pasal 3 UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian dan Peraturan Polisi  No. 4 tahun 2020 tentang PAM Swakarsa. 

"Yang pada intinya adanya pengaturan tentang satuan pengamanan (Satpam), satuan pengamanan lingkungan (Satkamling) dan PAM yang dilaksanakan oleh entitas-entitas adat di Indonesia," ujar Pangeran kepada wartawan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Namun, kata Pangeran, masyarakat umum pada saat ini masih dalam situasi yang traumatik atas Pam Swakarsa yang pernah ada pada 1998 - 1999.

Sebab, kerap terjadi benturan antara Pam Swakarsa dengan publik. 

"Jadi saya berpendapat kalaupun program ini dilanjutkan, ada beberapa catatan penting yang perlu diperhatikan," ucap politikus PAN itu. 

"Jangan sampai Pam Swakarsa yang dibentuk ini, kewenangannya kebablasan dan jangan sampai dijadikan alat kekuasaan yang akan berbenturan dengan kepentingan masyarakat umum, yang justru akan menurunkan nilai demokrasi dan kepercayaan masyarakat  terhadap pemerintah," sambun Pangeran. 

Baca juga: Raffi Ahmad Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua, Terlihat Lebih Santai: Kayak Digigit Semut

Baca juga: Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua, Jokowi: Tidak Terasa, Sekarang Sama Saja

Baca juga: Dua Rumah Mewah Rp1,7 Miliar di Perumahan Elite Citraland Bandar Lampung Hancur Terseret Longsor

Baca juga: Gantikan Idham Azis, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Resmi Dilantik Jokowi Jadi Kapolri

Menurutnya, pembinaan dan pengawasan oleh kepolisian harus benar-benar dilaksanakan dengan baik dan ketat. 

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved