Hasil Tes DNA Tunjukkan Polisi yang ditemukan di RSJ Aceh Benar Abrip Asep yang Hilang 17 Tahun Lalu

Tes DNA dilakukan untuk memberi keyakinan pihak keluarga bila memang pria yang mirip dengan Asep ini memang benar-benar Abrip Asep.

Editor: Rizki A
Instagram @ndorobei
Abrip Asep dulu dan kini 

TRIBUNTERNATE.COM - Perkembangan upaya pencarian identitas terhadap polisi yang ditemukan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yang diduga sebagai Abrip Asep telah mencapai titik terang.

Hasil tes DNA terhadap pria itu telah keluar dan menunjukkan bahwa ia memang benar Abrip Asep yang hilang 17 tahun lalu akibat tsunami Aceh.

Dalam tes DNA, hasil sampel sang pria dan pihak keluarga dinyatakan positif.

Dari sinilah, keluarga sudah berkeyakinan 100 persen bila pria yang sedang mengalami gangguan jiwa benar merupakan Abrip Asep yang hilang 17 tahun lalu.

"Keluarga sudah bertambah yakin, bila itu memang benar-benar Abrip Asep. Hasil tes DNA juga positif bila itu memang benar Abrip Asep," kata kakak sepupu Abrip Asep, Aiptu Nazori ketika dikonfirmasi, Rabu (24/3/2021).

Setelah dinyatakan itu memang benar Abrip Asep, pihak keluarga berkoordinasi dengan Polda Aceh.

Kemudian, Polda Aceh siap memfasilitasi pihak keluarga dan kepulangan Abrip Asep ke rumahnya yang ada di Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Rencananya, Abrip Asep akan dibawa dari Aceh ke rumahnya untuk menjalani pengobatan.

"Sekarang masih melakukan koordinasi, nanti kakaknya, adiknya bersama Abrip Asep langsung diantarkan pulang ke Natar Lampung," pungkasnya.

Baca juga: Kabar Duka, Mantan Menteri Dalam Negeri Syarwan Hamid Meninggal Dunia

Baca juga: Pihak Keluarga Pastikan Pria yang Ada di RSJ Aceh Adalah Abrip Asep: Keyakinan Itu 99 Persen

Baca juga: Firasat Ibu Jadi Nyata, Abrip Asep Dikira Meninggal Saat Tsunami Aceh, Ditemukan Masih Hidup di RSJ

Kronologi Penemuan

Ajun Brigadir Polisi (Abrip) Asep yang ditemukan linglung dan dititipkan di rumah sakit, memiliki cerita hingga identitasnya terungkap.

Menurut cerita Aiptu Nazori, identitas Abrip Asep terungkap beberapa hari lalu. Saat itu, tiba-tiba Abrip Asep mengoceh dan mengungkapkan identitas dirinya.

"Ketika itu, dia mengoceh dengan perawat di sana kalau namanya Asep. Anggota polisi, pulang ke Lampung," cerita Nazori, Kamis (18/3/2021).

Mendengar hal tersebut, perawat tersebut melaporkan ke pimpinannya. Dari laporan itu, pihak rumah sakit langsung berkoordinasi dengan Polsek setempat.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved