Breaking News:

Ramadhan 2021

Sudah Dibuka, Masjid Istiqlal Tak Gelar Buka Puasa Bersama, Sahur Bersama dan Iktikaf, Ini Syaratnya

Masjid Istiqlal dibuka selama Ramadhan 1442 H/2021, namun tidak ada buka puasa bersama, sahur bersama, dan juga iktikaf, berikut syaratnya.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Umat Islam melaksanakan Salat Tarawih berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Pengurus Masjid Istiqlal menggelar Salat Tarawih berjemaah pada bulan Ramadan 1442 H dengan pembatasan 30 persen jemaah dari kapasitas masjid dan menerapkan protokol kesehatan. 

TRIBUNTERNATE.COM – Selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah/2021, Masjid Istiqlal membuka pintunya untuk para jamaah yang datang untuk menunaikan salat lima waktu dan tarawih.

Namun demikian, Masjid Istiqlal menerapkan pembatasan-pembatasan tertentu terkait kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang masih merebak.

“Selamat datang buat masyarakat yang ingin melakukan ibadah salat lima waktu di Masjid Istiqlal, (namun tetap) dengan pembatasan-pembatasan tertentu,” tutur Faried F Saenong, Kabid Pendidikan dan Pelatihan Masjid Istiqlal, Senin (12/4/2021).

Pembatasan tersebut salah satunya adalah kuota jamaah yang bisa beribadah di Masjid Isitiqlal, maksimal dibatasi sebanyak 2.300 orang saja per harinya.

Selain itu, Masjid Istiqlal juga hanya akan membuka lantai utama masjid.

“Untuk kapasitas, jika pemerintah menyarankan 50 persen dari kapasitas penuh, kita (Masjid Istiqlal) hanya di bawah 30 persen. Yang umumnya 250 ribu jamaah datang ke Istiqlal, untuk Ramadan ini, pandemi ini, kita hanya mengambil atau jumlahnya mentok di 2.300 orang per hari. Hanya di lantai utama, kita tidak memakai lantai-lantai lainnya,” terang Faried.

Meski telah membuka pintunya untuk tempat ibadah para jamaah, Masjid Istiqlal tidak menggelar kegiatan buka puasa bersama, sahur bersama, dan juga iktikaf di bulan Ramadhan 2021.

Baca juga: Gus Yaqut: Shalat Tarawih Berjamaah Tidak Boleh Digelar di Zona Merah dan Zona Oranye Covid-19

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Salat Tarawih dan Witir, Lengkap dengan Doa Kamilin

Umat Islam melaksanakan Salat Tarawih berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Pengurus Masjid Istiqlal menggelar Salat Tarawih berjemaah pada bulan Ramadan 1442 H dengan pembatasan 30 persen jemaah dari kapasitas masjid dan menerapkan protokol kesehatan.
Umat Islam melaksanakan Salat Tarawih berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Pengurus Masjid Istiqlal menggelar Salat Tarawih berjemaah pada bulan Ramadan 1442 H dengan pembatasan 30 persen jemaah dari kapasitas masjid dan menerapkan protokol kesehatan. (Tribunnews/Irwan Rismawan)

“Masjid Istiqlal tidak menyelenggarakan buka puasa bersama, tidak, sahur juga nggak, iktikaf juga tidak. Jadi iktikaf yang menginap atau bermalam di masjid itu tidak kita laksanakan tahun ini karena masih pandemi tentunya,” kata Faried.

Sementara itu, untuk mendata jamaah yang beribadah di masjid terbesar di Asia Tenggara ini, pihak Masjid Istiqlal telah menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk registrasi.

Nantinya, seluruh jamaah yang ingin beribadah di Masjid Istiqlal, wajib melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi milik Masjid Istiqlal tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Ronna Qurrata Ayun
Editor: Ronna Qurrata Ayun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved