Breaking News:

Info Beasiswa

Bebas Biaya Kuliah dan Dapat Uang Saku Bulanan dari Kemendikbud, Ini Cara Daftar Beasiswa KIP Kuliah

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang KIP Kuliah 2021 Kemendikbud mulai dari jadwal, syarat, hingga alur pendaftarannya

Kemendikbud
Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang KIP Kuliah 2021 Kemendikbud mulai dari jadwal, syarat, hingga alur pendaftarannya. 

TRIBUNTERNATE.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengelola anggaran pendidikan sebesar Rp81,5 triliun dari total Rp550 triliun pagu sektor dana pendidikan di APBN 2021.

Dari jumlah tersebut dialokasikan pendanaan wajib sebesar Rp31,13 triliun.

Pendanaan wajib tersebut salah satunya adalah penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah termasuk beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) yang menyasar 1.102 juta mahasiswa.

Kartu Indonesia Pintar adalah jaminan negara kepada para siswa/mahasiswa yang memenuhi syarat ekonomi dan akademik untuk melangsungkan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup bulanan.

Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah akan mendapatkan manfaat pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah/pendidikan, dan bantuan biaya hidup bulanan.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang KIP Kuliah 2021 Kemendikbud mulai dari jadwal, syarat, hingga alur pendaftarannya dilansir dari Indonesia.go.id 

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2021

  1. Pendaftaran KIP Kuliah dibuka mulai 8 Februari 2021 hingga 31 Oktober 2021.
  2. Namun demikian, jadwal pendaftaran bisa berubah sewaktu-waktu.
  3. Untuk mendaftar KIP Kuliah, Anda harus mendaftarkan diri secara daring/online melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau melalui aplikasi KIP Kuliah yang diunduh di Playstore Android.

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2021

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi dengan akreditasi C.
  4. Melampirkan Bukti Keterbatasan Ekonomi yang dibuktikan dengan:
    • S1 maksimal 8 Semester, total selama studi maksimal Rp33,6 juta;
    • D3 maksimal 6 Semester, total selama studi maksimal Rp25,2 juta;
    • D2 maksimal 4 Semester, total selama studi maksimal Rp16,8 juta;
    • D1 maksimal 2 Semester, total selama studi maksimal Rp8,4 juta.

3. Pembebasan biaya kuliah dan biaya hidup juga bisa diperoleh oleh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan program profesi dengan rincinan sebagai berikut:

    • Profesi Dokter, Dokter Gigi dan Dokter Hewan akan menerima bantuan biaya hidup maksimal empat semester (total selama studi maksimal Rp16,8 juta)
    • Profesi Perawat, Apoteker dan Guru akan menerima bantuan biaya hidup maksimal dua semester (total selama studi maksimal Rp8,4 juta)

Alur Pendaftaran KIP Kuliah 2021

  1. Login ke laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau di KIP Kuliah Mobile Apps (diunduh di Play Store Android),
  2. Input Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail yang aktif,
    Validasi NIK, NISN, dan NPSN,
  3. Siswa akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses,
  4. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah,
  5. Mendaftar dan mengikuti seleksi perguruan tinggi sesuai jalur masuk SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri pada panitia seleksi nasional atau panitia seleksi masuk perguruan tinggi,
  6. Setelah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, langkah terakhir adalah verifikasi.
  7. Selesai

(TribunTernate.com/Qonitah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved