Kenang Sosok Wimar Witoelar, Yenny Wahid: Beliau Idealis Tapi Mampu Sampaikan Ide-ide dengan Jenaka

Putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid mengenang sosok Wimar Witoelar yang idealis dan kritis namun tetap jenaka dalam menyampaikan gagasannya.

perspektifbaru.com
Wimar Witoelar 

TRIBUNTERNATE.COM - Mantan Juru Bicara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Wimar Witoelar, meninggal dunia pada Rabu (19/5/2021) pagi.

Kepergian Wimar Witoelar menyisakan duka bagi keluarga Gus Dur

Putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid mengenang sosok Wimar Witoelar yang idealis dan kritis namun tetap jenaka dalam menyampaikan gagasannya.

"Sebuah duka cita mendalam bagi kami atas berpulangnya sahabat kami pak Wimar. Beliau seorang yang idealis namun mampu menyampaikan ide-idenya dengan jenaka, selamat jalan WW, we'll miss you," kata Yenny kepada wartawan, Rabu (19/5/2021).

Yenny menyebut Wimar menjadi juru bicara Presiden Gus Dur untuk menjelaskan kebijakan Gus Dur kepada dunia internasional.

Pasalnya, Wimar dinilai memiliki artikulasi bahasa yang sangat baik.

"Beliau menjadi jubir terutama untuk menjelaskan kebijakan Gus Dur pada dunia internasional. Artikulasi bahasa beliau memang sangat baik," ujarnya.

Selain itu, Yenny juga mengenang sosok Wimar pernah mendirikan Partai Orang Biasa sebagai simbol protes terhadap sistem politik Indonesia yang hanya dikuasai orang elite.

"Beliau mendirikan Partai Orang Biasa sebagai sebuah simbol protes terhadap sistem politik kita yang hanya dikuasai oleh elit partai saja. Konsistensi beliau dalam mengkritisi yang berkuasa untuk menyuarakan kepentingan rakyat, serta komitmen beliau untuk selalu berjuang bagi demokrasi adalah warisan nilai yang ditinggalkannya," ucapnya.

Baca juga: KABAR DUKA: Mantan Juru Bicara Gus Dur, Wimar Witoelar, Meninggal Dunia dalam Usia 75 Tahun

Kesehariannya bersama Gus Dur dituangkan Wimar Witoelar dalam buku No Regret yang menjelaskan banyak hal tentang pengalaman beliau mendampingi Gus Dur.

"Wimar Witoelar dan Gus Dur punya kepolosan yang membuat orang jatuh hati pada mereka," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Mantan Juru Bicara (Jubir) Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Wimar Witoelar, meninggal dunia Rabu (19/5/2021).

Dirut Biro Konsultan InterMatrix Communication (IMX) yang didirikan Wimar, Erna Indriana membenarkan kabar tersebut.

"WW (Wimar Witoelar) sudah pergi menghadap Tuhan YME dengan tenang pukul 09.00 pagi ini," ujar Erna kepada Tribun Network, Rabu (19/5).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved