Breaking News:

Gempa Bumi Hari Ini

Gempa Bumi Magnitudo 6.1 di Maluku Tengah, BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Tsunami

BMKG menginformasikan gempa bumi magnitudo 6.1 di Maluku Tengah pada Rabu (16/6/2021) siang. Masyarakat diminta mewaspadai tsunami dan gempa susulan.

Penulis: Rizki A. Tiara | Editor: Ronna Qurrata Ayun
Pixabay.com
Ilustrasi gempa bumi. BMKG menginformasikan gempa bumi magnitudo 6.1 di Maluku Tengah pada Rabu (16/6/2021) siang. Masyarakat diminta mewaspadai tsunami dan gempa susulan. 

TRIBUNTERNATE.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya gempa bumi yang terjadi di wilayah Maluku Tengah pada Rabu (16/6/2021) siang.

Gempa bumi ini terjadi pada pukul 11:43:08 WIB dengan magnitudo 6.1.

Pusat gempa berada di laut, 67 kilometer sebelah tenggara Maluku Tengah, dengan titik koordinat 3.39 Lintang Selatan (LS) dan 129.56 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

BMKG menginformasikan gempa bumi ini dirasakan dengan skala II MMI di Ambon, serta skala III MMI di Tehoru, Masohi, Bula, dan Kairatu.

Selain itu, BMKG meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap adanya kemungkinan gempa bumi susulan.

Sebelumnya, BMKG sempat menginformasikan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, pemutakhiran informasi dari BMKG menyebutkan, ada potensi GEMPA SUSULAN dan TSUNAMI akibat longsor yang mengarah atau bertempat di bawah laut.

Masyarakat di sepanjang Pantai Japutih hingga Pantai Apiahu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, Maluku diminta untuk segera menjauhi pantai dan menuju tempat yang lebih tinggi.

BMKG juga terus memonitor potensi terjadinya gempa susulan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved