Breaking News:

Virus Corona

Sudah Divaksin atau Belum, Setiap Anak Usia 2 Tahun ke Atas Harus Pakai Masker di Sekolah

American Academy of Pediatrics (AAP) menyerukan agar anak-anak berusia 2 tahun ke atas untuk selalu mengenakan masker saat berada di sekolah.

Editor: Rizki A
healthier.standordchildren.org
ILUSTRASI anak memakai masker. 

TRIBUNTERNATE.COM - American Academy of Pediatrics (AAP) menyerukan agar anak-anak berusia 2 tahun ke atas untuk selalu mengenakan masker saat berada di lingkungan sekolah.

Langkah ini tetap harus diterapkan meskipun mereka telah divaksinasi dengan vaksin virus corona (Covid-19) dan terlepas dari adanya larangan memakai masker yang diberlakukan pada beberapa negara bagian.

Seperti yang disampaikan Ketua Dewan Kesehatan Sekolah AAP, Dr. Sonja O'Leary dalam sebuah pernyataannya pada Senin kemarin.

"Menggabungkan lapisan perlindungan yang mencakup vaksinasi, masker, dan menjaga kebersihan tangan tentunya akan memberikan pembelajaran secara langsung dan aman serta memungkinkan bagi semua orang," kata Dr. O'Leary.

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (20/7/2021), rekomendasi itu cukup berbeda dengan panduan terbaru yang dikeluarkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) pada awal bulan ini.

Dalam pedoman CDC, siswa dan karyawan sekolah yang telah divaksinasi penuh tidak perlu mengenakan masker.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Masyarakat Terlalu Berat Kalau PPKM Diperpanjang dengan Pola yang Seperti Ini

Baca juga: Khawatir Faskes Kolaps, Jokowi Sebut PPKM Darurat Hanya Bisa Dilonggarkan Jika Kasus Covid-19 Rendah

Peserta diperiksa kondisi kesehatannya sebelum menerima vaksin dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Indonesia di Sekolah Islam Al Azhar BSD, Tangerang Selatan, Banten, Senin (19/7/2021). BIN kembali menggelar vaksinasi Covid-19 bagi pelajar sekolah di Tangerang Selatan dengan target vaksinasi kali ini adalah sebanyak 1.000 pelajar. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19, para pelajar tersebut terlebih dahulu dites swab antigen untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Tribunnews/Jeprima
Peserta diperiksa kondisi kesehatannya sebelum menerima vaksin dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar yang diselenggarakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Indonesia di Sekolah Islam Al Azhar BSD, Tangerang Selatan, Banten, Senin (19/7/2021). BIN kembali menggelar vaksinasi Covid-19 bagi pelajar sekolah di Tangerang Selatan dengan target vaksinasi kali ini adalah sebanyak 1.000 pelajar. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19, para pelajar tersebut terlebih dahulu dites swab antigen untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Sementara itu, pejabat kesehatan masyarakat California pada pekan lalu sempat meminta pihak sekolah setempat untuk menolak masuknya siswa dan staf yang enggan memakai masker.

Namun aturan itu dihentikan beberapa jam kemudian, sehingga ini memungkinkan distrik pendidikan setempat untuk memutuskan upaya apa yang mereka ambil untuk menegakkan aturan Covid-19.

AAP memilih kebijakan masker berlapis karena menilai beberapa sekolah tidak akan memiliki sistem untuk memantau status vaksinasi para siswa, meskipun vaksinasi untuk sejumlah warga dengan kondisi medis lainnya sudah diberlakukan oleh distrik nasional.

AAP kemudian mencantumkan produsen vaksin Johnson & Johnson dan Pfizer diantara pendonor dan pendukung utama programnya.

Ironisnya, mewajibkan seluruh pelajar untuk memakai masker justru bisa mengurangi salah satu insentif di sana yakni mendapatkan vaksin Covid-19.

Sejumlah murid saat menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap dua di SDN Malaka Sari 13 Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (9/6/2021). Dinas Pendidikan DKI Jakarta menggelar uji coba pembelajaran tatap muka tahap 2 yang diikuti 226 sekolah salah satunya SDN Malakasari 13. Siswa yang ikut belajar tatap muka yang digelar pada pukul 07.00-09.00 WIB hanya 50% dari kapasitas. (Tribunnews/Jeprima)
Sejumlah murid saat menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap dua di SDN Malaka Sari 13 Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (9/6/2021). Dinas Pendidikan DKI Jakarta menggelar uji coba pembelajaran tatap muka tahap 2 yang diikuti 226 sekolah salah satunya SDN Malakasari 13. Siswa yang ikut belajar tatap muka yang digelar pada pukul 07.00-09.00 WIB hanya 50% dari kapasitas. (Tribunnews/Jeprima) (TRIBUNNEWS/Jeprima)

Perlu diketahui, sebagian besar negara bagian di AS tidak memberlakukan perintah memakai masker untuk sekolah umum.

Sedangkan delapan di antaranya telah melarang distrik setempat memberlakukan perintah semacam itu.

Lalu sembilan negara bagian memiliki persyaratan memakai masker untuk semua siswanya, sementara dua negara bagian hanya mewajibkan memakai masker bagi anak-anak yang tidak atau belum divaksinasi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dokter Anak: Tak Pandang Status Vaksinasi, Semua Usia Dua Tahun Lebih Harus Pakai Masker di Sekolah

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved