Breaking News:

Virus Corona

Penelitian: Dua Dosis Vaksin Covid-19 Pfizer atau AstraZeneca Terbukti Efektif Lawan Varian Delta

Penelitian dari Public Health England menyatakan bahwa 2 dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca efektif lawan varian Delta hingga 80%.

Editor: Ronna Qurrata Ayun
Freepik
ILUSTRASI Vaksin Covid-19. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 Pfizer dan AstraZeneca efektif lawan varian delta. 

TRIBUNTERNATE.COM - Sebuah penelitian oleh Public Health England menyatakan bahwa dua dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca hampir sama efektifnya dalam melawan varian Delta.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada Rabu (21/7/2021).

Menurut penelitian ini, dua dosis suntikan Pfizer-BioNTech hasilnya 88 persen efektif mencegah penyakit simtomatik dari varian Delta, dan 93,7 persen efektif terhadap varian Alpha.

Secara umum, ini hampir sama seperti yang dilaporkan sebelumnya.

Selain itu, ditemukan juga bahwa dua suntikan vaksin AstraZeneca, 67 persen efektif terhadap varian Delta, naik dari pengujian sebelumnya yang hanya 60 persen.

Sementara itu, AstraZeneca juga 74,5 persen efektif terhadap varian Alpha, naik jika dibandingkan dengan perkiraan awal efektivitas yakni sebesar 66 persen.

"Hanya perbedaan kecil dalam efektivitas vaksin yang dicatat dengan varian Delta dibandingkan dengan varian Alpha setelah menerima dua dosis vaksin," tulis peneliti Public Health England dalam penelitian tersebut.

Namun hasil studi ini menegaskan, satu dosis vaksin belum cukup untuk memberikan perlindungan maksimal.

Ilustrasi vaksin Covid-19 dari Universitas Oxford dan AstraZeneca, foto diambil pada 23 November 2020.
Ilustrasi vaksin Covid-19 dari Universitas Oxford dan AstraZeneca, foto diambil pada 23 November 2020. (JOEL SAGET / AFP)

Kesehatan Masyarakat Inggris sebelumnya mengatakan bahwa dosis pertama dari kedua vaksin itu sekitar 33 persen efektif terhadap penyakit simtomatik dari varian Delta.

Studi lengkap yang diterbitkan pada hari Rabu ini menemukan bahwa satu dosis suntikan Pfizer-BioNTech adalah 36 persen efektif, dan satu dosis vaksin AstraZeneca sekitar 30 persen efektif.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved