Breaking News:

Indonesia Beli 55 Lemari Es Khusus dari UNICEF untuk Simpan Vaksin Pfizer

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengakui ada tantangan dalam melakukan distribusi vaksin Covid-19, khususnya Pfizer.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 - Dalam foto: Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (11/7/2021). 

TRIBUNTERNATE.COM - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengakui ada tantangan dalam melakukan distribusi vaksin Covid-19, khususnya Pfizer.

Diketahui berjenis mRNA ini memerlukan tempat penyimpanan bersuhu sangat rendah yakni hingga minus 70 derajat.

Untuk bisa memperkuat jalur distribusi logistik rantai dingin vaksin, pemerintah memutuskan membeli 55 unit lemari es tempat penyimpanan khusus yang bisa sampai minus 80 derajat Celcius melalui Unicef.

"Karena Unicef ogranisasi dunia yang melakukan distribusi vaksin miliaran tiap tahun dalam program vaksinasi anak-anak di semua pelosok bumi. Jadi kami membeli langsung lewat mereka Karena harganya bisa jauh lebih murah dan ketersediaannya lebih cepat," Budi dalam rapat dengar pendapat bersama komisi IX DPR RI, Rabu (25/8/2021).

Setibanya di Indonesia lanjut Budi, lemari es ini akan dibawa ke 34 ibukota provinsi.

Baca juga: Penelitian: Dua Dosis Vaksin Covid-19 Pfizer atau AstraZeneca Terbukti Efektif Lawan Varian Delta

Baca juga: BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Pfizer, Diberikan pada Usia 12 Tahun ke Atas, Ini Efek Sampingnya

Masyarakat melalui skrining kesehatan sebelum menerima suntik vaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi Covid-19 Mall Cilandak Town Square.
Masyarakat melalui skrining kesehatan sebelum menerima suntik vaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi Covid-19 Mall Cilandak Town Square. (Lusius Genik)

"Nantinya 34 ibukota provinsi ini bisa menjadi hub penyimpanan vaksin-vaksin yang membutuhkan rantai dingin capai minus 80 derajat Celcius," jelas mantan wamen BUMN ini.

Selain itu, Indonesia juga melakukan lobi kepada COVAX GAVI untuk mendapatkan hibah atau Grant 17 unit Ultra low temperature atau tempat penyimpanan khusus vaksin.

"Akan tiba minggu depan di Indonesia dan sementara ditaruh di Biofarma dan di Kementerian Kesehatan sebelum kita kirim ke daerah-daerah," jelas dia.

(Tribunnews.com, Rina Ayu)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Vaksin Pfizer Harus Disimpan Disuhu Minus 70 Derajat, Indonesia Beli 55 Lemari Es Khusus dari UNICEF

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved