Breaking News:

Virus Corona

Ketua IDAI Menilai Pusat Perbelanjaan atau Mal Belum Aman untuk Anak-anak

Diketahui, anak-anak di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya kini sudah diperbolehkan masuk mal meski belum divaksin.

Editor: Rizki A
Surya/Ahmad Zaimul Haq
ILUSTRASI Anak-anak di mal. Sejumlah pengunjung bermain ice skating di wahana Ice Skating & Snow Play ?Holiday Wonderland? di atrium Grand City, Rabu (20/6). Liburan lebaran yang bersamaan dengan liburan sekolah dimanfaatkan anak-anak bermain di mall. 

TRIBUNTERNATE.COM - Diperbolehkannya anak-anak masuk ke pusat perbelanjaan atau mal di sejumlah kota di tengah pandemi Covid-19 menuai kekhawatiran dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Ketua IDAI dr Aman Pulungan menilai, pusat perbelanjaan atau mal belum sepenuhnya aman bagi anak-anak di bawah 12 tahun saat masa pandemi ini.

Alasannya, anak-anak kelompok ini belum menerima vaksinasi Covid-19.

"Kalau ditanya aman, ya pasti tidak aman (untuk anak di bawah 12 tahun). Tapi ini desakan pelaku ekonomi, karena tanpa anak-anak mal pasti sepi," ujarnya dalam diskusi virtual bersama IDAI, Rabu (21/9/2021).

Selain itu, masih banyak ditemukan orang dewasa yang tetap beraktivitas di ruang publik meski masuk kategori kontak erat bahkan positif Corona, serta belum atau menolak vaksinasi.

"Untuk saat ini, saya rasa belum aman memang, karena ternyata banyak juga orang dewasa karena alasan tertentu belum divaksin, jadi berarti dia bisa masuk ke mall nantinya dengan berbagai cara," ucapnya.

Baca juga: LINK Live Score Hasil SKD CPNS 2021 per Wilayah, Berikut Panduan Mendownload Sertifikat Hasil SKD

Baca juga: Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur Digiring ke Polda Sultra, Penyidik KPK Bawa Koper & Ransel Besar

Baca juga: Selandia Baru Kemungkinan Tak akan Bisa Kembali ke Nol Kasus Covid-19

Baca juga: Profil Andi Merya Nur, Bupati Kolaka Timur yang Terjaring OTT KPK Bersama Lima Stafnya

NIKMATI LIBURAN - Sejumlah pengunjung bermain ice skating di wahana Ice Skating & Snow Play ?Holiday Wonderland? di atrium Grand City, Rabu (20/6). Liburan lebaran yang bersamaan dengan liburan sekolah dimanfaatkan anak-anak bermain di mall. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
NIKMATI LIBURAN - Sejumlah pengunjung bermain ice skating di wahana Ice Skating & Snow Play ?Holiday Wonderland? di atrium Grand City, Rabu (20/6). Liburan lebaran yang bersamaan dengan liburan sekolah dimanfaatkan anak-anak bermain di mall. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ (Surya/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Karena kondisi itulah menurutnya, anak-anak di bawah 12 tahun, belum aman jika diajak ke mal.

Meski demikian, Aman berharap ke depan ada upaya untuk mempercepat dan mengizinkan pemberian vaksinasi untuk anak usia di bawah 12 tahun.

"Saya rasa di bawah 12 tahun ini harus diimunisasi, karena kalau saya rasa, saya melihat cucu saya di bawah 12 tahun ya saya ga akan ke Mall sama cucu saya," ujarnya.

Sebelumnya diketahui, anak-anak di DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Yogyakarta, dan Kota Surabaya kini sudah diperbolehkan masuk mal meski belum divaksin.

Hal itu didasari dengan kebijaan Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode 21 September - 4 Oktober 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, meskipun anak-anak usia dibawah 12 tahun tetap diperbolehkan masuk, saya imbau jika tidak terlalu mendesak, maka anak sebaiknya tinggal di rumah saja.

Namun, jika anak-anak harus mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan, maka orang tua harus menjamin protokol kesehatan diterapkan dengan baik selama beraktivitas di dalam pusat perbelanjaan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul IDAI Nilai Anak Usia di Bawah 12 Tahun Belum Aman Pergi ke Mal

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved