Breaking News:

Peneliti China: Virus Corona Pertama Kali Muncul di AS Kemungkinan pada September 2019

Peneliti China menyatakan bahwa virus corona kemungkinan pertama kali muncul di Amerika Serikat (AS) pada September 2019.

Hector RETAMAL / AFP
Ilustrasi Covid-19 - Peneliti China menyatakan bahwa virus corona kemungkin pertama kali muncul di Amerika Serikat (AS) pada September 2019. 

TRIBUNTERNATE.COM - Peneliti China menyatakan bahwa virus corona kemungkinan pertama kali muncul di Amerika Serikat (AS) pada September 2019.

Perkiraan waktu ini lebih awal dari tanggal yang diumumkan secara resmi dari kasus pertama yang dikonfirmasi di AS.

Peneliti tersebut menemukan data ini melalui analisis big data.

Melansir The Strait Times, menurut artikel baru yang diterbitkan sebagai pracetak di ChinaXiv, serangkaian penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa AS, Spanyol, Prancis, Italia, Brasil, dan negara-negara lain telah menunjukkan tanda-tanda terpapar virus corona sebelum wabah muncul di China.

ChinaXiv adalah layanan penerbitan online yang dioperasikan oleh National Science Library, Chinese Academy of Sciences.

Artikel berjudul "Dating The First Case Of Covid-19 Epidemic From A Probabilistic Perspective" tersebut menyatakan bahwa analisis kualitatif dan kuantitatif penyakit menular, yang dilakukan dengan menggabungkan model matematika dan teknologi kecerdasan buatan, dapat mengungkap hukum epidemi penyakit menular.

Baca juga: Mengenal Virus Corona Varian Mu, Benarkah Lebih Menular dan Kebal Terhadap Vaksin?

Para peneliti membuat model yang dioptimalkan menggunakan model transmisi epidemi dan metode analisis big data.

Kemudian menghitung tanggal kasus infeksi pertama di 12 negara bagian AS timur laut dan di Kota Wuhan dan Provinsi Zhejiang di China, berdasarkan data yang dipublikasikan.

Hasilnya menunjukkan bahwa, untuk 12 negara bagian AS, kemungkinan tanggal infeksi pertama, dengan probabilitas 50 persen, sebagian besar jatuh antara Agustus dan Oktober 2019.

Sedangkan, yang paling awal adalah 26 April 2019 di Rhode Island, dan perkiraan yang paling akhir adalah November 30, 2019 di Delaware.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved