Breaking News:

Virus Corona

Antisipasi Omicron, IDAI Desak Vaksinasi Covid-19 Dijadikan Syarat Pembelajaran Tatap Muka

Di tengah kemunculan virus corona varian Omicron, IDAI mengeluarkan rekomendasi pembelajaran tatap muka di sekolah bagi anak-anak.

Editor: Rizki A
Freepik
Ilustrasi sekolah tatap muka pada masa pandemi Covid-19. 

TRIBUNTERNATE.COM - Di tengah pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama hampir dua tahun, muncul sejumlah varian baru virus corona.

Salah satu yang kini jadi perhatian global adalah virus corona varian B.1.1.529 atau Omicron.

Pada Jumat (26/11/2021) lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa virus corona varian Omicron termasuk variant of concern (VoC) atau varian yang menjadi perhatian.

Di tengah kemunculan varian baru virus corona Omicron, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan rekomendasi pembelajaran tatap muka di sekolah bagi anak-anak.

Dalam rekomendasi yang diterbitkan pada Minggu (28/11/2021), IDAI menilai anak akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari pembelajaran tatap muka, sehingga upaya untuk kembali ke sekolah secara aman harus menjadi prioritas utama semua pihak.

Baca juga: Profil Parag Agrawal, CEO Baru Twitter Pengganti Jack Dorsey

Baca juga: Antisipasi Omicron, Indonesia Tutup Akses dari 11 Negara Ini per Selasa, 30 November 2021

Baca juga: Jokowi: UU Cipta Kerja Masih Berlaku, Saya Telah Perintahkan Menteri untuk Tindaklanjuti Putusan MK

Meski demikian, Ketua Umum IDAI Piprim Basarah Yanuarso mengatakan, vaksinasi harus menjadi salah satu syarat untuk anak mengikuti pembelajaran tatap muka, sehingga anak lebih terlindungi saat melakukan aktivitas bersama.

"Penggunaan masker secara benar direkomendasikan mulai anak berusia 2 tahun ke atas, dan wajib dikenakan saat berkegiatan di dalam ruangan," kata Dokter Piprim.

Kemudian, jarak antar siswa saat berada di dalam kelas minimal 1,8 meter dengan tetap mengerjakan protokol kesehatan secara disiplin.

Strategi pencegahan secara berlapis harus dikerjakan oleh semua stakeholders, antara lain:

- skrining sebelum masuk ke dalam lingkungan sekolah,

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved