Breaking News:

Gubernur Maluku Utara Minta BPKP Kawal Keuangan Daerah Sebaik-baiknya

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK) meminta BPKP untuk mengawal keuangan daerah dengan baik. 

Editor: Rizki A
TribunTernate.com
Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba (AGK). saat memberikan sambutan di acara pengukuhan serah terima jabatan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Selasa, (4/1/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK) meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengawal keuangan daerah dengan baik. 

Gubernur menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya di acara pengukuhan dan serah terima jabatan Kepala BPKP di Hotel Daffam, Ternate,  Selasa, (4/1/2022).

Diketahui, posisi Kepala BPKP saat ini dijabat oleh Edy Suharto, menggantikan Kepala BPKP sebelumnya, Aryanto Wibowo.

Abdul Gani Kasuba mengatakan, pergantian pemimpin dalam sebuah lembaga adalah sebuah keniscayaan dalam sistem organisasi, dan itu  bisa terjadi setiap saat.

Menurutnya, dalam setiap pergantian pimpinan, selalu ada harapan besar pada peningkatan kualitas kinerja dengan pola kepimpinan yang lebih baik lagi. 

"Sebagai pemerintah daerah, kami  berharap ke depan bersama BPKP,  tata kelola keuangan khususnya di daerah ini, perlu diperbaiki jadi lebih baik lagi," katanya.

Gubernur Maluku Utara periode 2019-2024 ini mengaku, banyak hal yang bisa dilakukan dengan pengawalan BPKP sehingga inovasi di daerah dalam hal pelayanan dan kesejahteraan masyarakat lebih maksimal lagi dan hasil pengawasannya dapat linier dengan hasil pemeriksaan BPK RI. 

Untuk Maluku Utara sendiri, kata AGK,  mendapat alokasi anggaran senilai Rp14,68 triliun yang diperuntukkan baik dalam alokasi anggaran kepada satuan kerja maupun alokasi dana transfer dan dana desa ke daerah. 

Melihat besarnya kontribusi anggaran negara dalam pertumbuhan ekonomi Maluku Utara, AGK berpesan agar anggaran tersebut dapat dikelola secara pruden, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien, sehingga dapat menghasilkan output yang mempunyai nilai tambah bagi masyarakat.

"Kami berharap agar semua daerah penerima dana APBN tahun 2022 dapat meningkatkan kualitas belanja melalui perencanaan dan pelaksanaan anggaran yang baik dan berkelanjutan serta tidak ada penyalahgunaan anggaran," ujarnya. 

(TribunTernate.com/Randi Basri)

Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved