Breaking News:

Satpol PP Siaga di Pelabuhan Semut untuk Awasi Jam Kerja ASN

Menindaklanjuti SE Gubernur Maluku Utara tentang kedisiplinan ASN, Satpol PP berjaga di Pelabuhan Semut untuk awasi ASN yang mangkir saat jam kerja.

TribunTernate/Randi Basri
Kondisi Pelabuhan Semut, Kelurahan Mangga Dua, Kota Terante, Maluku Utara, Selasa (4/1/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara mulai bersiaga untuk mengawasi Aparatur Sipil Negera (ASN) pada saat jam kerja.

Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti edaran dari Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba (AGK) menyangkut kedisplinan ASN pada tahun 2022. 

"Jadi ini berkaitan dengan kedisiplinan ASN pada saat jam kerja, sebagaimana edaran pak Gubernur. Kami diberi tugas mengawasi itu," ungkap Kasatpol-PP Maluku Utara, Rachmat Djabir, Selasa (4/1/2022).

Menurut Rachmat, kebijakan itu diterapkan lantaran sejumlah ASN yang berkantor di Sofifi pulang lebih dulu, saat jam kerja masih berjalan.

Sehingga, Satpol PP diinstruksikan untuk bersiaga di pintu-pintu masuk pelabuhan, baik dari pintu Sofifi, terminal Sofifi, pelabuhan Sofifi, hingga pintu dermaga Ferry dan Guraping.

"Semua pintu masuk ini nantinya akan diawasi personel kami di lapangan," kata Rachmat.

Baca juga: Gubernur Maluku Utara Minta ASN Malut Tempati Rumah Dinas, Ada Sanksi bagi yang Tak Patuh

Baca juga: Mengawali Tahun 2022, Gubernur Maluku Utara Sidak Sejumlah OPD, Lihat Langsung Kehadiran ASN

Baca juga: BPS Klaim Tingkat Hunian Kamar Hotel di Maluku Utara Meningkat pada November 2021

Nantinya, jika ada ASN yang kedapatan pulang lebih awal saat jam kerja masih berjalan, ASN bersangkutan akan ditahan dan dimintai surat izin dari dinas tempat ia bekerja.

Jika tidak memenuhi hal tersebut, maka yang bersangkutan belum bisa pulang dan diminta kembali ke kantornya.

"Kepada semua ASN, ketika masih jam kerja lalu kedapatan pulang lebih awal tanpa ada rekomendasi dari Kepala Dinas setempat, maka yang bersangkutan akan disuruh balik kerja lagi di kantornya," ucap Rachmat.

Demi melancarkan realisasi dari kebijakan ini, Rachmat mengaku akan mencari formula yang tepat di lapangan, terutama bagi personel yang berjaga di pelabuhan. 

"Pengawasan mulai berlangsung sejak Senin (3/1/2022) kemarin. Kami juga akan melakukan pengawasan dengan mengecek absen setiap OPD, mulai jam 9 pagi setiap harinya," tutupnya.

(TribunTernate.com/Randi Basri)

Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved