Breaking News:

Temu Alumni dan Dosen Prodi Agribisnis UMMU: Pentingnya Pertanian di Tengah Pandemi Covid-19

Temu alumni dan dosen itu dipusatkan di Agrowisata Program Studi Agribisnis UMMU di Kelurahan Fitu, Kecamatan Ternate Selatan.

Penulis: Mufrid Tawary | Editor: Rizki A
Facebook
Temu alumni dan dosen program studi Agribisnis UMMU di Agrowisata Agribisnis, Kelurahan Fitu, Kecamatan Ternate Selatan, Maluku Utara. 

TRIBUNTERNATE.COM - Mengawali tahun 2022, sejumlah alumni dan dosen dari program studi Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), bertemu dalam sebuah forum menyatukan  gagasan merancang peluang di era digital.

Temu alumni dan dosen itu dipusatkan di Agrowisata Program Studi Agribisnis UMMU di Kelurahan Fitu, Kecamatan Ternate Selatan, dengan mengangkat tema "Refleksi dan Rancang Cipta Peluang di Era Digital".

Dr Ranita Rope, salah satu dosen Prodi Agribisnis UMMU, hadir sebagai pembicara dalam temu tersebut.  

Dr Ranita mengatakan, di tengah situasi pandemi Covid-19, peran pertanian sangat penting karena berkaitan dengan pangan demi keberlangsungsungan hidup yang harus mampu tersedia.

"Di sini peran pertanian jadi utama sehingga kemajuan ini terus didorong oleh pemerintah kita," ujar peraih gelar Doktor Agribisnis dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini. Jumat (7/1/2022).

Menyangkut kemajuan bidang pertanian, menurut Dr Ranita, harus dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) untuk  pemanfaatan teknologi dalam mengelola lahan.

"Era serba canggih seperti sekarang ini, para petani harus mampu menyesuaikan teknologi yang ada. Sebetulnya, ini peluang karena memudahkan petani mengelola lahannya," pungkasnya.

Ke depan, mantan dekan Fakultas Pertanian UMMU ini berharap, para alumni khususnya Prodi Agribisnis bisa berkontribusi pada masyarakat di desa masing masing serta mengajak generasi milenial untuk kuliah di Agribisnis.

Sebab, rata-rata petani khususnya di Maluku Utara kebanyakan sudah tak muda lagi, sebagian besar berusia 40 tahun ke atas.

"Tugas perguruan tinggi mencetak SDM yang berkualitas dan siap bekerja di berbagai bidang," tambahnya.

Selain itu, Dr Ranita Rope juga mengapresiasi beberapa alumni yang sekarang ini sedang mengelola lahan tidur dengan menanam beragam  jenis tanaman kebutuhan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan itu, sejumlah alumni di beberapa angkatan serta seluruh dosen khususnya Prodi Agribisnis UMMU

(TribunTernate.com/Mufrid Tawary)

Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved