Idul Adha 2024

Pemkot Ternate Gelar Rakor Untuk Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Idul Adha 1443 Hijriah

Pemerintah Kota Ternate dipimpin Walikota, Tauhid Soleman, gelar rapat Rabu (29/6/2022). Rapat koordinasi membahas stabilisasi harga jelang Idul Adha.

Tribunternate.com/Yunita Kaunar
Rapat Kordinasi Walikota M.Tauhid Soleman bersama Bank Indonesia dan seluruh Unsur Pemerintah Kota Ternate dan Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Ternate, bertempat di Room Meeting Kantor Walikota Ternate. Rabu (29/6/222). Rapat ini untuk memastikan kebutuhan bahan pokok dan pengendalian harga jelang Idul Adha 2022. 

TRIBUNTERNATE.COM - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Ternate gelar rapat koordinasi dengan seluruh stakeholder Kota Ternate, Rabu (29/6/2022).

Rapat dipimpin langsung Walikota Ternate, Tauhid Soleman, dihadiri Deputi Bank Indonesia, Forkopimda, Sekda Kota Ternate, sejumlah instansi teknis dan asosiasi pedagang di Kota Ternate.

Koordinasi TPID tersebut, untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan pangan jelang Idul Adha 1443 Hijriyah.

Walikota Ternate, Tauhid Soleman, mengatakan, rapat koordinasi ini sangat penting dan strategis, karena berkaitan dengan tugas dan fungsi pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menekan inflasi.

“Semua pihak butuh koordinasi karena laju inflasi pertumbuhan ekonomi yang tinggi tetapi inflasi juga tinggi tidak membawa dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan pantauan lima tahun terakhir, di setiap momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) inflasi Kota Ternate selalu menunjukkan kenaikkan.

Lebih lanjut, bahkan jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah umumnya terjadi peningkatan permintaan dan berpotensi memicu gejolak harga kebutuhan pokok jadi naik.

“Kenaikan harga yang terjadi tersebut umumnya disebabkan oleh keterbatasan pasokan dan permasalahan distribusi,” katanya.

Orang nomor satu di pemerintahan Kota Ternate tersebut, meminta agar kondisi perekonomian ini dapat dicermati seperti ketersediaan komoditas utama penyumbang inflasi, agar tetap terjaga dengan baik.

Ia mengatakan, jika persediaan tercukupi dan harga terjangkau pada fase menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah nantinya.

“Secara global terjadi tren kenaikan inflasi, baik di negara maju maupun berkembang, inflasi tahunannya, pada Mei 2022 mencetak inflasi tertinggi selama lebih dari 4 dekade, melesat ke level 8.6 persen,” ungkapnya.

Menurutnya, tekanan inflasi di Kota Ternate dipengaruhi dua faktor dominan yakni faktor pemulihan daya beli, dan peningkatan harga komoditas secara global.

“Kebijakan transisi menuju endemi juga akan menjadi faktor pendorong kenaikan beberapa komoditas pokok masyarakat, seiring peningkatan kebutuhan masyarakat serta peningkatan mobilitas masyarakat yang dapat mendorong inflasi keseluruhan tahun 2022 lebih tinggi dari sasaran target inflasi,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved