Buka Festival Tara No Ate, M Tauhid Soleman: Jadikan City Branding Ternate Sebagai Kota Rempah

Dorong City Branding Ternate sebagai Kota Rempah, hal itu yang diinginkan Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman saat membuak acara Festival Tara No Ate.

Penulis: Yunita Kaunar | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Yunita Kaunar
EVENT: Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman (tiga dari kanan) saat memukul tifa sebagai tanda dibukanya Festival Tara No Ate. Di mana pada kesempatan itu, ia berharap festival ini bisa menjadi cikal bakal City Brading Ternate sebagai Kota Rempah, Kota Budaya, Kota Religius dan Kota Pendidikan, Senin (18/7/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman membuka Festival Tara No Ate, di Benteng Oranje Ternate, Minggu (17/7/2022). Pada kesempatan itu ia berharap, Festival Tara No Ate atau festival semacam ini, harus dijadikan sebagai festival tahunan, untuk memajukan budaya Kota Ternate.

"Budaya Moloku Kie Raha khususnya Ternate, diwariskan para leluhur kita untuk menjadi bagian, dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat. Tata aturan serta norma kehidupan masyarakat perlu kita kembangkan, guna menjaga martabat sebagai manusia dalam sendi kehidupan bermasyarakat, "ungkapnya.

Menurut M Tauhid Soleman, tata nilai dan norma dikenal dengan adat-istiadat, merupakan suatu modal kearifan masyarakat. Di mana masyarakat sebagai subjek pembangunan, haruslah dibangun dengan tatanan nilai yang bijaksana serta merata.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dengan visi "Mandiri dan Berkeadilan Ternate Andalan", yang dituangkan dalam salah satu misinya, yakni. Menumbuhkembangkan kelembagaan sosial dalam bingkai 7 nilai dasar kebudayaan ternate, yang dikenal dengan Kie Se Gam Magogugu Matiti Tomdi.

Baca juga: Pulau Maitara di Tidore Jadi Salah Satu Daerah Sentra Produksi Ikan Fufu di Maluku Utara

Berupaya mengembangkan lembaga sosial kemasyarakatan, dalam hal ini lembaga adat dengan nilai-nilai adat, selama ini telah ada dan mengakar di masyarakat.

"Hal itu disadari belum dapat dilaksanakan secara menyeluruh dan optimal, sehingga melalui event-event budaya semacam ini, dapat ditumbuhkembangkan seluruh potensi Kota Ternate heterogen, terdiri dari berbagai macam suku, agama, dan budaya, guna mewujudkan Kota Ternate yang harmoni, "harapnya.

Selain potensi itu, lanjut M Tauhid Soleman, sebagai kota yang memiliki sejarah panjang dan gemilang, Pemkota Ternate telah menetapkan City Branding Ternate sebagai Kota Rempah.

Akan menjadi bagian dari kebijakan pemerintah, untuk mengangkat potensi rempah-rempah sebagai referensi dunia, untuk melakukan studi akademik yang akan membawa, kegemilangan Kota Ternate di masa akan datang.

Dalam upaya memajukan kebudayaan daerah, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, yang dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 87 tahun 2021.

Maka Festival Tara No Ate ini diharapkan, dapat menggambarkan seluruh upaya pemajuan kebudayaan, yang terdiri dari 10 plus 1 objek pemajuan kebudayaan dalam regulasi di atas.

"Saya mengharapkan sebagaimana tema yang diusung pada tahun ini adalah Deskripsi Pemajuan Kebudayaan, gambarkan seluruh potensi budaya kita melalui pentas seni, atraksi adat-istiadat, kuliner."

Baca juga: Harga Ikan di Ternate Tembus Rp. 50 hingga Rp. 200 Ribu Per Ekor

"Permainan rakyat dan lain sebagainya, sehingga dapat diketahui untuk kemudian menjadi kebanggan, dan menjadikannya sebagai jati diri kita sebagai orang Ternate, "tegasnya.

Pada kesempatan ini saya berpesan kepada kita semua, khususnya Dinas Kebudayaan Kota Ternate menjadikan Festival Tara No Ate, sebagai agenda tahunan yang dikreasikan sedemikian rupa, sehingga dapat menjadi Pekan Kebudayaan Daerah berkelanjutan.

"Dengan harapan, Festival Tara No Ate bisa menjadi rujukan untuk semua pemangku kepentingan, dalam merealisasikan Kota Ternate sebagai Kota Rempah, Kota Budaya, Kota Religius dan Kota Pendidikan, "tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved