HUT RI ke 77

77 Penyelam Maluku Utara Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Pantai Fallajawa Ternate

77 Penyelam di Maluku Utara Kibarkan Bendera HUT RI ke-77 di Bawah Laut di Pantai Fallajawa Ternate.

Penulis: Randi Basri | Editor: Muhammad Husain Sanusi
Tribunternate.com/Randi Basri.
Tim penyelam Maluku Utara usai mengibarkan bendera merah putih di bawah laut di depan pantai Falajawa Ternate 

TRIBUNTERNATE.COM - Sebanyak 77 penyelam yang tergabung dalam unsur maritim baik TNI-AL, Basarnas, Polairud hingga Polres Ternate dan sejumlah komunitas penyelam di Kota Ternate, Maluku Utara melaksanakan upacara bendera di dasar laut pantai Falajawa 2 Ternate.

Kegiatan upacara ini dilaksakan secara serentak di Jakarta dan diikuti sejumlah Provinsi termasuk Kota Ternate. Kegiatan ini juga dalam memeriahkan HUT RI ke 77 tahun 2022.

Dalam pengibaran bendera ini terpusat di depan Pantai Falajawa, Ternate dengan kedalaman 12 meter. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Danlanal Ternate, Letkol Mar Ridwan Aziz diikuti oleh 77 peserta penyelam.

Dalam sambutan Walikota Ternate, M. Tauhid Soleman melalui Staf ahli kebudayaan Kota Ternate, M. Arif Abdul Gani menyebut, dengan pengibaran bendera dalam laut ini, menunjukan adanya keindahan dan kekayaan laut Maluku Utara khsusunya Ternate yang harus dijaga termasuk di dalamnya adalah biota didalam laut.

“Kita harus pertegas bahwa laut Indonesia adalah pemersatu dan bukan pemisah,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Persatuan Olahraga Seluruh Indonesia (POSSI) Malut, Rahmi Husen mengaku bangga dilibatkan dalam kegiatan pengibaran bendera dari dasar laut yang diinisiasi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) pada 77 titik di Indonesia termasuk 2 titik di Maluku Utara.

“Tentunya kami turut bangga karena Maluku Utara dapat 2 titik baik di Ternate maupun Pulau Meti Morotai dan peserta juga paling banyak dari semua Provinsi,”katanya.

Dengan pelaksanaan pengibaran ini dirinya berharap agar masyarakat bisa lebih sadar untuk tidak membuang sampah di laut.

“Kita harus sadar dan harus mengkampanyekan supaya tidak membuang sampah di laut untuk menjaga karang maupun biota laut,” akunya.

Sementara itu Danlanal Ternate, Letkol Mar Ridwan Aziz mengatakan, upacara bendera dari dasar laut yang digagas Kasal ini sebagai bentuk untuk menumbuhkan nilai-nilai kemaritiman dan kebaharian bahwa laut harus tetap dijaga.

“Seperti kata Pak Presiden, jangan punggungi lautan, artinya jangan buang sampah dan lain sebagainya,” tuturnya.

Untuk itu kata Ridwan, dirinya juga mengajak untuk seluruh masyarakat terutama komunitas penyelam untuk selalu menjaga lautan demi kelangsungan laut kedepan yang lebih baik (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved