Tak Lama Lagi DLH Kota Ternate Bakal Lakukan Pembatasan Periodik Galian C Tak Berizin

Sehari dua, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate akan melakukan pembatasan periodik galian tak berizin.

Penulis: Amri Bessy | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Amri Bessy
MASALAH: Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Ternate, Syarif Tjan mengungkapkan pihaknya dalam waktu dekat ini, akan melakukan pembatasan periodik terhadap galian c yang tidak memiliki izin, Jumat (19/8/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, sehari dua akan lakukan pembatasan periodik galian c yang tidak memilik izin.

"Galian c di Kota Ternate tidak ada izin, izin galian c memang aturannya sudah dikembalikan, yang awalnya ada ditangan pemerintah kota, tapi sekarang aturan wewenang itu ditangan pemerintah provinsi, "kata Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Ternate, Syarif Tjan, Jumat (19/8/2022).

Menurutnya, seluruh izin-izin yang ada di DLH Kota Ternate tidak berati galian c, yang pemerintah kota keluarkan izin selama ini hanya izin pemerataan lahan, bukan galian c.

"Jadi kita mengeluarkan izin pemerataan lahan, dengan alasan mereka (pengusaha) mau alih fungsi lahan menjadi pemukiman, sehingga kita berika izin pemerataan lahan, namun persoalannya kita seperti disalib oleh izin itu, "ungkapnya.

Baca juga: Muhammad Kasuba Beri Sinyal Maju Pilgub Maluku Utara 2024, Bahrain Kasuba Tersangkut Dugaan Korupsi

"Karena pengusaha melakukan penyalahgunaan, saya beri contoh misalnya izin pemerataan lahan, saya kasih luas lahannya 5.000 meter per segi, dengan batas waktu 6 bulan, namun pengusaha justru melakukan berpuluh-puluh tahun, dan tidak pernah selesai pemerataan lahan itu, "jelasnya.

Baca juga: Polda Maluku Utara Tunggu Audit Kasus Korupsi Dispar Halmahera Utara Senilai Rp 4,7 Miliar

Oleh sebab itu, agar tidak ada penyalahgunaan izin DLH Kota Ternate, akan lakukan penertiban, kepada pengusaha lahan itu.

Di mana DLH Kota Ternate tidak bisa legah, karena izin-izin yang ada sekarang ini, aktifitasnya adalah pertambangan.

"Kami mengeluarkan izin pemerataan lahan, bukan pertambagan yang ada di galian c. Olehnya itu, hak tersebut tidak menjadi aktifitas pertambangan, "tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved