Harga dan Stok Kebutuhan Pokok Disejumlah Pasar di Ternate Terpantau Normal

Hasil pantauan TPID Kota Ternate dipasar-pasar memperlihatkan harga dan stok kebutuhan pokok masih aman dan normal.

Penulis: Yunita Kaunar | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Yunita Kaunar
STABIL: Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Disperindag Kota Ternate, Muchlis Jumadil mengungkapkan bahwa sejauh ini, harga kebutuhan pokok dipasar-pasar di Ternate terpantau stabil, begitu juga dengan stok yang masih aman, Rabu (24/8/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Muchlis Jumadil menegaskan sejumlah kebutuan pokok masih mencukupi kebutuhan warga Ternate.

Selain itu, harga jual tomat, cabai, bawang dam kebutuhan pokok lainnya, masih terpantau stabil atau belum mengalami kenaikan harga secara signifikan.

"Harga tomat, bawang dan cabai masih normal saja, belum ada kenaikan yang signifikan, karena saat ini stok yang diambil dari Halmahera Timur, Halmahera Barat dan Kota Tidore, dan Manado masih memenuhi kebutuhan pokok warga Ternate, "ungkapnya, Rabu (24/8/2022).

Untuk harga tomat masih Rp 15 ribu per kilogram, cabai nona masih Rp 120 per kilogram, cabai keriting masih Rp 40 ribu per kilogram, bawang merah masih Rp 50 ribu per kilogram.

Baca juga: Wali Kota Ternate Diminta Tertibkan Pedagang Jualan di Bahu Jalan Depan Pasar Barito Bahari Berkesan

Bawang putih Rp 40 ribu per kilogram, bawang bombai masih Rp 40 ribu per kilogram dan lemon cui masih Rp 15 ribu per kilogram.

"Harga-harga ini masih cukup normal, kita khawatirkan tidak ada stok, karena bisanya stok terbatas akan berpengaruh pada harga, "katanya.

Adanya operasi pasar yang dilakukan TPID Kota Ternate sangkat membantu masyarakat, karena hal ini juga sangat membantu penekanan inflasi di Ternate.

"Pantauan TPID Kota Ternate tadi pagi, sangat membantu mengontrol harga kebutuhan pokok di pasar, agar tidak ada kenaikan harga yang mengakibatkan krisis pangan atau inflasi, "tuturnya.

Terpisah, Irma seorang pedagang mengaku, saat ini harga kebutuhan pokok mulai turun, seperti tomat dan cabai.

Baca juga: Atasi Krisis Pangan, TPID Ternate Serankan Warga Manfaatkan Urban Farming

"Sebelumnya, tomat pernah alami kenaikan harga Rp 30 ribu per kilogram pada bulan lalu, karena terjadi gagal panen, tapi sekarang sudah turun menjadi Rp 15 ribu per kilogram, "jelasnya.

Ia mengaku, saat ini barang komoditi pasar sudah mudah di dapatkan, termasuk dari Kota Tidore dan Halmahera Timur juga sudah masuk saat ini.

"Saat ini kita sudah bisa ambil produk dari Kota Tidore dan Juga Halmahera Timur, dan harganya sudah mulai turun juga, "tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved