Pemkot Ternate dan PT Intra Mulia Multiteknologi Lakukan Uji Coba Pembayaran Tarif Parkir Digital

Selama sebulan warga Kota Ternate akan dibiasakan membayar biaya parkir menggunakan sistem digital, atau mobile parking sistem (MoPark).

Penulis: Yunita Kaunar | Editor: Munawir Taoeda
Tribunternate.com/Yunita Kaunar
PROGRAM: Direktur Cabang PT Intra Mulia Multikeknologi, Omar Romagaya mengatakan selama sebulan kedepan, pihaknya akan melakukan uji coba pembayaran retribusi parkir menggunakan mobile parking sistem atau MoPark, sesuai kerjasamanya dengan Pemkot Ternate, Sabtu (10/9/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Pemkot Ternate bekerjasama dengan PT Intra Mulia Multiteknologi, dalam uji coba parkir digital dengan menggunakan mobile parking sistem (MoPark).

Uji coba MoPark ini dilakukan disejumlah titik, di Kota Ternate seperti area parkir Taman Nukila, area parkir Gloria Minimarket, area parkir Selelta Minimarket, area parkir Toko Buku Amanah, dan area parkir Apotek Setia Farma.

"Pilihan lokasi tersebut karena potensitas keluar masuk kendaraan roda dua di Kota Ternate, karena sebelumnya kita sudah survei, berdasarkan kemampuan aplikasi maupun jaringan, "kata Direktur Cabang PT Intra Mulia Multikeknologi, Omar Romagaya, Sabtu (10/9/2022).

Menurutnya, uji coba ini hanya dilakukan diseputar Kecamatan Ternate Tengah, karenakan Kota Ternate itu, yang jaringan cukup bagus berada di Ternate tengah saja, sementra lainnya jaringan tidak memadai.

Baca juga: Harga Rempah Ternate Hari Ini, 10 September 2022: Kopra Turun, Pala dan Cengkeh Stagnan

"Untuk area lain, jika uji coba ini berhasil maka, yang lainnya nanti apakah diperkuat dengan perangkat penguat sinyal, itu nanti menjadi langkah yang diambil setelah melakukan uji coba ini, "ungkapnya.

Kerjasama Pemkot Ternate dengan PT Intra Mulia Multiteknologi, hanya pada sektor penarikan retribusi parkir tepi jalan dan penarikan retribusi pasar, sehingga yang bakal dijalin kerjasama hanya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perhubungan dan BP2RD.

"Sementara untuk penarikan retribusi pasar, kita masih melakukan pendataan pedagang, agar datanya masuk ke kita."

"Kalau parkir tepi jalan ini, kita sudah uji coba, dan akan berlangsung hingga satu bulan kedepan, "jelasnya.

Untuk pengoperasian MoPark, hanya dengan melakukan scan terhadap plat kendaraan, baik motor maupun mobil.

Jadi pembayarannya bisa tunai, namun data secara otomatis langsung masuk di keuangan kas darah.

Baca juga: Dinas Perhubungan Siapkan 15 Unit Mini Bus untuk Tamu Sail Tidore 2022

"Karena laporannya masuk secara sistematis ke Wali Kota Ternate, jadi sudah pasti tidak bisa melakukan pungli, atau ada kebocoran data, kalau yang punya QRIS juga bisa bayar langsung, "bebernya.

Untuk tarifnya sendiri, pihaknya masih berdasarkan aturan lama, yakni Perda nomor 13 tahun 2011, di mana untuk motor dikenakan Rp 1.000 sementara mobil dikenakan Rp 2.000.

"Masih menyesuaikan dengan tarif lama, kita bakal uji coba hingga satu bulan kedepan, "tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved