Halmahera Selatan

APBD 2023 Halmahera Selatan Ditingkatkan untuk Dukung Program Smart City

APBD tahun 2023 Kabupaten Halmahera Selatan ditingkatkan untuk mendukung pembangunan infrastruktur program Smart City yang dicanangkan Bupati.

TribunTernate.com/Nurhidayat Hi Gani
Sekda Halmahera Selatan, Saiful Turuy saat berbicara terkait rancangan peningkatan APBD tahun 2023 dan realisasi program Smart City, Selasa (27/9/2022) 

TRIBUNTERNATE.COM, BACAN - Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, telah merancang APBD tahun 2023 dengan nilai anggaran sebesar Rp 1,539 triliun.

Ini disampaikan oleh Sekda Halmahera Selatan, Saiful Turuy kepada TribunTernate.com usai mengikuti rapat koordinasi bersama pimpinan OPD di ruang rapat Kantor Inspektorat, Selasa (27/9/2022).

Menurut Saiful, perancangan APBD tahun 2023 dinaikkan sebesar Rp 18 miliar. Dengan demikian, APBD tahun 2023 lebih tinggi dari APBD tahun 2022.

Baca juga: Fokus ke Smart City, Bupati Halmahera Selatan Minta Anggaran Tak Dipakai Untuk Beli Motor dan Bimtek

"Dari 2022 itu kami rancang Rp 1,521 triliun, kita rancang di tahun 2023 menjadi Rp 1,539. Terjadi kenaikan kurang lebih Rp 18 miliar. Kita berupaya dalam peningkatan pajak, retribusi dan pendapatan lain-lain," jelas Sekda.

Seraya berharap dukungan regulasi yang sudah ada akan mengangakat APBD Halmahera Selatan tahun 2023.

Meski begitu, orang nomor tiga di lingkup Pemkab Halmahera Selatan itu mengaku, ada penghematan-penghematan dalam bentuk efisiensi pada kegiatan-kegiatan untuk mendukung program pembangunan infrastruktur Smart City yang dicanangkan Bupati Halmahera Selatan.

Seperti, ruas jalan penghubung desa Tembal-Labuha dan Babang.

Baca juga: Bupati Halmahera Selatan Gelar Rapat, Seluruh Pimpinan OPD Mendadak Datangi Kantor Inspektorat

"Kemudian ada pelebaran jembatan, pengembangan pasar Tuwokona, pembangunan pelabuhan rakyat dan terminal babang," jelasnya.

"Ini adalah program yang tertuang dalam RPJMD Pak Bupati yang belum terlaksanakan tahun 2022 itu, kita lakukan di tahun 2023," tandas Sekda. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved