Presiden Jokowi Kunjungi Maluku Utara

Ternate, Sofifi, Jailolo, Halmahera Barat dan Maluku Utara Siaga Sambut Presiden Jokowi

Kunjungan Presiden Jokowi ke Maluku Utara antara lain ke Sofifi, Ternate, Jailolo (Halmahera Barat). Tampak tiga titik ini siaga sambut Jokowi

Penulis: Randi Basri | Editor: Muhammad Husain Sanusi
Istimewa
Pesawat Hercules parkir di Bandara Sultan Babullah, Ternate, Senin (26/7/2022) persiapan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Maluku Utara tepatnya di Ternate, Sofifi dan Halmahera Barat. 

TRIBUNTERNATE.COM, TERNATE - Kota Ternate, Sofifi dan Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, sejak akhir pekan lalu, siaga utuh menyambut jadwal lawatan resmi Presiden Joko Widodo, Senin (26/9/2022) sore ini hingga Rabu (28/9/2022) lusa.

Jokowi terakhir ke Maluku Utara, pertengahan Maret 2021. Kala itu presiden meresmikan terminal baru Bandara Kuabang di Kabupaten Halmahera Utara.

Sejatinya medio November 2021 lalu, Jokowi dijadwalkan ke gugus kepulauan utara Maluku. Hanya saja, lawatan di akhir masa pandemi itu, tak terealisir.

Ternate adalah kota utama dan pusat jasa dan ekonomi di Maluku Utara.

Baca juga: Presiden Jokowi Diminta Selesaikan Masalah Agraria di Maluku Utara

Sedangkan Sofifi adalah ibukota provinsi di Halmahera, pulau utama dimana enam dari 10 kabupaten/kota di Maluku Utara berlokasi.
Sedangkan Jailolo adalah kota kesultanan tua sekaligus ibu kota Kabupaten Halmahera Barat. Ini berjarak 60 menit perjalanan laut dari Ternate.

Pesawat Hercules parkir di Bandara Sultan Babullah, Ternate, Senin (26/7/2022) persiapan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Maluku Utara tepatnya di Ternate, Sofifi dan Halmahera Barat.
Pesawat Hercules parkir di Bandara Sultan Babullah, Ternate, Senin (26/7/2022) persiapan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Maluku Utara tepatnya di Ternate, Sofifi dan Halmahera Barat. (Istimewa)

Sejatinya, 14 November 2021 lalu, Jokowi dijadwalkan akan ke Jailolo.

Kala itu, Kepala Humas dan Protokoler Setda Halbar, Hikler Murari menyebut presiden ke-7 Indonesia itu, akan tiba di Jailolo dengan menggunakan Helikopter, sayang kunjungan itu tak terealisir.

Lawatan akhir September 2022 ini, lebih serius.

Kesiagaan itu terlihat di Kota Ternate dan Jailolo, sejak Sabtu (24/9/2022) lalu.

Sejak Minggu (25/9/2022) kendaraan Presiden Jokowi melintasi lingkungan Toloko Kelurahan Sangaji Utara sudah tiba.

Selain 1 unit mobil kepresidenan juga tiba 4 unit motor pengawal dari paspampres.

Kendaraan diangkut pesawat Hercules dari Jakarta, dan dijaga ketat Detasemen Polisi Militer (POM) XVI/1 Ternate di bagian depan dan Paspampres di bagian belakang saat menuju ke Korem 152/Baabullah, Minggu (25/9/2022).

Senin (26/9/2022) siang, tiga unit helikopter kepresidenan juga sudah mendarat dan memantau kota Ternate, Sofifi dan Jailolo dari udara.
Itu pesawat jenis Aviocar milik TNI-AD dengam call sign register military A-9144. Ini kapal produksi IPTN Bandung seri NC-212-200.

Di bandara Sultan Babullah, pesawat pengangkut personel paspampres siaga di sekitar taxi way bandara di kaki Gunung Gamalama itu.
Kesiaganaan melibatkan tiga matra tentara nasional, TNI-AD, TNI AL dan TNI AU, Polri dan polisi sipil Satpol PP Kota dan Provinsi.

Senin kemarin, Danrem 152/Baabullah memimpin apel suata gabungan gelar pasukan TNI-Polri di lapangan Ngaralamo Soa-Sio Ternate, Senin (26/9/2022).

Sumber: Tribun Ternate
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved