Piala Dunia Qatar 2022

Tersingkir dari Piala Dunia 2022: Jerman Tuai Ledekan Online, Host TV Qatar Sindir Pose Tutup Mulut

Bisa dibilang, Jerman yang harus angkat kaki sebelum babak sistem gugur Piala Dunia 2022 telah menjadi hiburan tersendiri bagi Qatar.

Penulis: Rizki A. Tiara | Editor: Rizki A
Twitter/DFB_team_EN
Jerman berfoto dengan pose membekap mulut sebelum laga melawan Jepang di babak fase Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Tersingkirnya Jerman dari Piala Dunia 2022 sepertinya dinikmati betul oleh sejumlah orang di negara tuan rumah, Qatar, dan itu tercermin di media sosial.

Jerman telah dipastikan tak lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar meski telah mengalahkan Ekuador dengan skor 4-2 dalam matchday terakhir mereka di Grup E, Kamis (1/12/2022) malam waktu setempat

Jerman, yang meraih 4 gelar jawara World Cup, kini tersingkir dalam babak penyisihan grup Piala Dunia untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Jerman gagal melaju ke babak sistem gugur setelah Jepang secara tak terduga berhasil menaklukkan Spanyol dengan skor 2-1 di waktu yang sama.

Bisa dibilang, Jerman yang harus angkat kaki sebelum babak sistem gugur bagaikan hiburan tersendiri bagi Qatar, yang notabene memegang rekor sebagai tuan rumah Piala Dunia pertama yang kalah dalam 3 pertandingan babak fase grup.

Ledekan terhadap Jerman pun beredar luas di media sosial Twitter.

Baca juga: Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2022, Teori Konspirasi Kerja Sama Spanyol dan Jepang Mencuat

Baca juga: Thomas Muller: Jika Piala Dunia 2022 adalah Laga Terakhir Saya untuk Jerman, Saya Tetap Bahagia

Baca juga: Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2022: Kemenangan Jepang atas Spanyol di Luar Kendali Kami

Baca juga: Pahitnya Piala Dunia 2018 Terulang, Jerman Gagal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Sejumlah warganet Qatar menyindir pose tutup mulut yang dilakukan Jerman dalam sesi foto tim sebelum pertandingan melawan Jepang, Rabu (23/11/2022) lalu.

Pose itu merupakan bentuk protes pada larangan pemakaian ban lengan bersimbol hati warna pelangi dengan slogan One Love yang dijatuhkan oleh FIFA.

Pose tutup mulut itu merupakan bentuk protes Jerman yang merasa terbungkam saat ingin menyuarakan inklusivitas dan anti-diskriminasi terhadap kaum Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Queer (LGBTQ) melalui ban lengan kapten One Love, serta bentuk kritik terhadap aturan Qatar tentang hubungan sesama jenis.

Sementara, FIFA telah resmi melarang pemakaian ban lengan One Love dalam Piala Dunia 2022 di Qatar pada Senin (21/11/2022).

FIFA juga menerapkan ancaman sanksi berupa kartu kuning otomatis kepada kapten tim yang nekat mengenakan ban kapten itu dalam pertandingan.

Jurnalis olahraga Qatar, Mohammed Al-Kaabi, mengunggah ulang foto tim Jerman yang menutup mulut itu di akun Twitter-nya, @Qatari, Jumat (2/12/2022).

Dalam unggahan itu, Mohammed Al-Kaabi menyertakan caption yang berbunyi: "Don't leave your flags behind" (Jangan sampai bendera kalian ketinggalan) disertai emoji menutup mulut dan tertawa terbahak-bahak.

Jurnalis olahraga Qatar, Mohammed Al-Kaabi, mengunggah ulang foto tim Jerman yang menutup mulut itu di akun Twitter-nya, @Qatari, Jumat (2/12/2022).
Jurnalis olahraga Qatar, Mohammed Al-Kaabi, mengunggah ulang foto tim Jerman yang menutup mulut itu di akun Twitter-nya, @Qatari, Jumat (2/12/2022). (Twitter/Qatari)

Saat artikel ini ditulis, cuitan Mohammed Al-Kaabi itu mendapat lebih dari 484.000 tanda Like.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved