Imlek 2023

Arti dan Sejarah Singkat Ucapan ''Gong Xi Fa Cai'' di Tahun Baru Imlek

'Gong Xi Fa Cai' sendiri adalah ucapan Tahun Baru Imlek yang paling populer, tetapi ternyata artinya bukan 'Selamat Tahun Baru.'

Editor: Rizki A
Tribunternate.com/Randi Basri
ILUSTRASI - Perayaan Tahun Baru Imlek di klenteng Ibu Pura Agung di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah. Rabu (1/2/2022) 

TRIBUNTERNATE.COM - Tahun Baru Imlek merupakan perayaan tahunan etnis Tionghoa dan identik dengan ucapan 'Gong Xi Fa Cai.'

Tahun ini, Imlek akan jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023.

'Gong Xi Fa Cai' sendiri adalah ucapan Tahun Baru Imlek yang paling populer, tetapi ternyata artinya bukan 'Selamat Tahun Baru.'

Lalu, apa arti 'Gong Xi Fa Cai' yang sebenarnya, dan bagaimana sejarah singkatnya?

Arti Kata Gong Xi Fa Cai

Kata Gong Xi Fa Cai ternyata bukan berarti Selamat Tahun Baru Imlek.

Padahal selama ini saat perayaan Tahun Baru Imlek, kata Gong Xi Fa Cai sering dipakai seolah sebagai kalimat ucapan.

Namun nyatanya jika ditelusuri lebih detail lagi, kata Gong Xi Fa Cai bukan memiliki arti Selamat Tahun Baru.

Melalui laman Tribunnews, Dosen Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Jenderal Soedirman Monika Herliana menjelaskan arti kata Gong Xi Fa Cai.

Warga keturunan Tionghoa saat melakukan sembahyang di Kim Tek Le atau Vihara Dharma Bakti, Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat, Kamis (11/2/2021). Perayaan Imlek tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya dimana pada masa pandemi peribadatan di malam imlek ditiadakan. Namun pihak vihara tetap membuka bagi masyarakat yang ingin beribadah mulai pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB. Pihak penyelenggara juga membatasi jumlah umat yang berdoa pada hari imlek, maksimal 50 orang dengan metode nomor antrean untuk menghindari kerumunan saat melakukan ibadah.
Warga keturunan Tionghoa saat melakukan sembahyang di Kim Tek Le atau Vihara Dharma Bakti, Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat, Kamis (11/2/2021). Perayaan Imlek tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya dimana pada masa pandemi peribadatan di malam imlek ditiadakan. Namun pihak vihara tetap membuka bagi masyarakat yang ingin beribadah mulai pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB. Pihak penyelenggara juga membatasi jumlah umat yang berdoa pada hari imlek, maksimal 50 orang dengan metode nomor antrean untuk menghindari kerumunan saat melakukan ibadah. (Tribunnews/Jeprima)

Ia mengatakan bahkan Gong Xi berarti selamat dan Fa Cai berarti kemakmuran atau suatu hal yang menghasilkan uang.

"Jadi secara harafiah, ucapan Gong Xi Fa Cai artinya berharap di tahun yang baru kita semua mendapatkan kemakmuran dan kekayaan," katanya yang dikutip TribunPalu dari laman Tribunnews.

Jika menggunakan Bahasa Mandarin, Selamat Tahun Baru Imlek ialah Xin Nian Kuai Le (新年快乐) atau dibaca sin nien khuai le.

Xin Dian adalah Tahun Baru dan Kuai Le adalah bahagia.

"Secara harfiah ucapan Xin Nian Kuai Le merujuk pada tahun baru yang bahagia," sambungnya.

Imlek 2573 tahun 2022 di Vihara Karuna Dipa Jl Sungai Lariang, Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, berlangsung dengan pengetatan protokol kesehatan. 
Imlek 2573 tahun 2022 di Vihara Karuna Dipa Jl Sungai Lariang, Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, berlangsung dengan pengetatan protokol kesehatan.  (TRIBUNPALU.COM/FANDY)
Halaman
12
Sumber: Tribun Palu
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved