Kenali 8 Tanda Gangguan Kecemasan Ini: Khawatir Berlebihan hingga Panik

Kecemasan datang dalam berbagai bentuk yang berbeda seperti serangan panik, fobia, dan kecemasan sosial.

Kenali 8 Tanda Gangguan Kecemasan Ini: Khawatir Berlebihan hingga Panik
KatarzynaBialasiewicz
Ilustrasi cemas 

TRIBUNTERNATE.COM - Dalam beberapa kondisi, merasa gugup dan cemas adalah hal yang wajar, seperti saat harus berbicara di depan publik atau saat menghadapi situasi buruk.

Tapi, ada orang-orang yang merasakan kecemasan sangat sering, sehingga memengaruhi kehidupannya.

Bagaimana kamu tahu jika kecemasan yang kamu rasakan adalah normal atau sudah menjadi sebuah gangguan? Ini memang tidak mudah.

Kecemasan datang dalam berbagai bentuk yang berbeda seperti serangan panik, fobia, dan kecemasan sosial sehingga perbedaan antara "normal" dengan berlebihan sulit dikenali.

Jika kamu mengalami salah satu gejala berikut secara terus-menerus dan teratur, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

1. Khawatir berlebihan

Gangguan kecemasan umum (Generalize Anxiety Disorder) adalah jenis gangguan kecemasan yang paling luas spektrumnya.

Ciri khas GAD adalah terlalu banyak hal sehari-hari, baik besar maupun kecil. Penderitanya cemas terus-menerus setiap hari setidaknya selama enam bulan.

Kecemasan juga menjadi begitu parah, sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari dan disertai dengan gejala yang nyata seperti seperti kelelahan.

"Perbedaan antara gangguan kecemasan dengan kecemasan normal adalah gangguan kecemasan membuat orang menderita dan mengalami disfungsi," kata Sally Winston, PsyD, direktur Anxiety and Stress Disorder Institute of Maryland di Towson.

Halaman
1234
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved