Virus Corona

Tangani Corona, Tim Medis di RS Toraja Terpaksa Kenakan Jas Hujan & Sepatu Boots Gegara APD Kurang

Tim medis Rumah Sakit Umum Daerah Lakipadada, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) dalam penanganan virus corona.

Tangani Corona, Tim Medis di RS Toraja Terpaksa Kenakan Jas Hujan & Sepatu Boots Gegara APD Kurang
MUH. AMRAN AMIR via Kompas.com
Alat Pelindung Diri (APD) Tim medis RSUD Lakipadada Tana Toraja, minim dan susah didapatkan, petugas membuat dan memanfaatkan bahan sederhana yang sesuai standar dan aman bagi tenaga medis, Sabtu (21/03/2020) 

TRIBUNTERNATE.COM – Berbagai kalangan tim medis di berbagai daerah yang menangani virus corona tentunya harus dibelikali oleh peralatan medis yang mempuni terurama Alat Pelindung Diri (APD).

Namun Tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, malah kekurangan APD dalam penanganan virus corona itu.

Direktur RSUD Lakipadada Tana Toraja, dr Safari D Mangopo mengatakan, pihaknya terpaksa membuat sendiri APD tersebut.

“Kami memang kekurangan APD seperti pakaian pelindung, masker, disinfektan, dan lainnya. Beberapa di antaranya yang digunakan saat ini hanya dibuat sendiri oleh tim medis,” kata Safari saat dikonfirmasi, Sabtu (21/03/2020).

Safari mengatakan, APD yang dibuat, misalnya masker dari kain dilengkapi tali, mantel hujan dari plastik, sepatu boots, serta pelindung wajah yang terbuat dari karet tebal.

Semua APD yang dibuat sendiri sesuai dengan standar.

Ini Cara Kerja Alat Rapid Test Corona

Simak 5 Tips Mudah Bebaskan Rumah dari Virus Corona

"Masker yang kami buat ada pori-pori kecil yang tentunya aman bagi tenaga medis. Juga jas hujan dan alat pelindung wajah, semua aman untuk digunakan," ucap Safari.

Selain APD, disinfektan di rumah sakit juga semakin menipis sejak beberapa terakhir, bahkan terpaksa harus diolah sendiri.

“Selain alat pelindung diri, cairan disinfektan juga sudah mau habis dan sangat susah untuk mendapatkannya. Jalan satu-satunya adalah dibuat sendiri oleh pihak kami di RSUD Lakipadada,” ujar Safari. 

RSUD Lakipadada Tana Toraja merupakan rumah sakit rujukan penanganan kasus corona untuk wilayah utara Sulawesi Selatan.

Halaman
12
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved