Virus Corona

Jokowi Tegaskan Belum Ada Pelonggaran PSBB: Baru Sekedar Skenario

Presiden Joko Widodo menegaskan jika belum ada kebijakan terkait pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

youtube sekretariat presiden
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 20 Maret 2020. 

TRIBUNTERNATE.COM - Belum lama ini berhembus kabar kalau pemerintah segera melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sebagaimana diketahui, pemerintah menerapkan PSBB untuk memutus rantai penularan virus corona (Covid-19). 

Presiden Joko Widodo menegaskan jika belum ada kebijakan terkait pelonggaran tersebut.

Pemerintah saat ini memang masih mengkaji upaya pelonggaran PSBB tersebut. Namun, pelaksanaannya disampaikan Jokowi masih menunggu waktu dengan melihat perkembangan kasus Covid-19.

"Baru sekadar skenario yang kita putuskan setelah ada timing yang tepat, kita harus hati-hati jangan keliru kita memutuskan," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui video conference di Istana Merdeka, Senin (18/5).

Soal Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, KPK Berharap Presiden Jokowi Tinjau Kembali

Jokowi bilang pemerintah selama dua minggu ke depan masih fokus pada upaya larangan mudik dan arus balik. Upaya melarang mudik masih terus digenjot oleh pemerintah.

Meski begitu, kebijakan operasional transportasi dipastikan Jokowi bukan untuk mudik. Operasional transportasi pun ditekankan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Mulai 25 Mei 2020, Karyawan BUMN di Bawah 45 Tahun Diizinkan Masuk Kantor saat PSBB Dibuka

"Perlu diingat juga yang dilarang itu mudiknya, bukan transportasinya karena transportasi untuk logistik, untuk urusan pemerintahan, untuk urusan kesehatan, untuk urusan kepulangan pekerja migran kita dan ekonomi esensial tetap berjalan," terang Jokowi.

Selain transportasi, sejumlah industri juga mendapat pengecualian untuk beroperasi. Jokowi juga meminta peningkatan pemeriksaan protokol kesehatan.

Naikkan Iuran BPJS saat Corona, Jokowi Dinilai Tak Peka, Lawan Putusan MA hingga Akan Digugat Lagi

"Saya minta pengawasan protokol kesehatan di klaster industri di tingkatkan lagi, klaster industri perlu dilihat karena ini ada 1-2 yang mulai masuk ke sana," jelas Jokowi.

Sebelumnya berhembus kabar kalau pemerintah segera melonggarkan PSBB salah satunya dengan menginstruksikan karyawan BUMN berusia di bawah 45 tahun untuk masuk kerja mulai Senin pekan depan.

Selain itu, pembukaan kembali sejumlah moda transportasi seperti penerbangan dinilai sebagai upaya pemerintah melonggarkan PSBB. Bahkan sejumlah tempat bisnis seperti mal juga akan segera dibuka.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Begini penjelasan Jokowi soal berhembusnya kabar pelonggaran PSBB

Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved