Breaking News:

Otomotif

Pindad Siapkan Mobil Rantis Versi Sipil, Begini Respon Toyota soal Maung Pakai Mesin dan Sasis Hilux

Mobil 4x4 ciptaan PT Pindad (Persero) yang diberi nama Maung juga akan dijual untuk mayarakat sipil.

Dok. Pindad
Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad 

TRIBUNTERNATE.COM - Mobil produksi PT Pindad (Persero) yang diberi nama Maung belakangan ini santer menjadi sorotan publik.

Awalnya maung mendapat sorotan setelah dikendarai oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Diketahui, selain untuk kendaraan taktis (Rantis) militer yang dipasarkan untuk Kementerian Pertahanan, mobil 4x4 ciptaan PT Pindad ini juga akan dijual untuk mayarakat sipil.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose. Menurut Abraham, Maung diciptakan memang dengan konsep yang berbeda dari model kendaraan militer lainnya.

"Jenisnya kita masukan ke Rantis ringan, pada dasarnya memang tipe militer tapi kami coba ubah konsepnya ke arah civilian type," ujar Abraham kepada Kompas.com, Senin (13/7/2020).

Abraham mengatakan Maung menjadi pintu bagi Pindad untuk lebih komersial. Dengan menggarap model dengan berbasiskan mobil, diharapkan Maung juga bisa diminati oleh masyarakat.

Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad
Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad (Dok. Pindad)

Namun tentunya, untuk model Maung yang nantinya akan dipasarkan secara umum berbeda spesifikasi dengan yang digunakan untuk Rantis.

Paling utama tak ada kelengkapan persenjataannya, selain itu juga perangkat GPS dan pelacak kendaraan.

Secara varian, menurut Abraham, Pindad membuat Maung yang diketahui menggunakan mesin Toyota Hilux tersebut dalam empat pilihan.

Tiga model diantaranya berkonsep kabin ganda, lalu ada juga untuk kebutuhan logistik, dan tipe militer yang untuk bertempur dalam penyergapan cepat jarak dekat.

Halaman
1234
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved