Breaking News:

Soroti Utang PLN Tembus Rp 694,79 Triliun, Mulan Jameela: Cukup Mengagetkan dan Tidak Sehat

Anggota Komisi VII DPR RI Mulan Jameela menyoroti utang PT PLN (Persero) yang tembus Rp 694,79 triliun.

Editor: Sri Handayani1
Instagram/mulanjameela1
Mulan Jameela 

TRIBUNTERNATE.COM - Mulan Jameela menyoroti utang PT PLN (Persero) yang tembus Rp 694,79 triliun. 

Sebagai anggota Komisi VII DPR RI, ia mempertanyakan kemampuan PLN dalam menjamin pasokan listrik nasional tanpa membuat lonjakan tagihan listrik pelanggan.

Merujuk pada laporan keuangan PLN periode Kuartal I-2020, kata Mulan, PLN memiliki utang jangka panjang sebesar Rp 537 triliun dan utang jangka pendek sebesar Rp 157,79 triliun.

Sehingga total utang perusahaan setrum plat merah itu menembus angka Rp 694,79 triliun.

Sebut Ahmad Dhani Bisa Selembut Sutra, Mulan Jameela: Cita-citaku Tak Hanya di Dunia Bersamamu

Mulan Jameela Diam-diam Ketakutan Lakukan Hal Ini di Belakang Ahmad Dhani: Jangan Marah Ya

Utang sebesar itu sebagian besar digunakan untuk membiayai megaproyek infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 Megawatt (MW).

Pasalnya, karena tidak mampu membiayai dari dana sendiri, PLN harus berutang kepada perbankan hingga Rp 100 triliun per tahun untuk membangun pembangkit listrik.

"Dengan kondisi keuangan seperti ini, tentu saja cukup mengagetkan dan tidak sehat," kata Mulan dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan PLN, Selasa (25/8).

Lebih lanjut, politisi dari Fraksi Partai Gerindra tersebut mempertanyakan kemampuan PLN dalam menjamin ketersediaan listrik nasional tanpa harus menaikkan tarif listrik kepada masyarakat.

Menurut Mulan, keluhan sebagian pelanggan PLN tentang lonjakan tagihan rekening listrik sudah terdengar oleh anggota parlemen.

"Karena terus terang pada kenyataannya, sampai sekarang kenaikan tarif listrik ini sudah menjadi hal yang meresahkan dan sampai ke telinga kami anggota Komisi VII," ungkap istri dari Ahmad Dhani tersebut.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved