Breaking News:

KRI Nanggala-402 Dipastikan Tenggelam, Serpihan Torpedo hingga Sajadah ABK Ditemukan Terapung

Serpihan-serpihan komponen kapal selam KRI Nanggala-402 ditemukan terapung di laut, mulai dari serpihan komponen kapal hingga sajadah, alat salat ABK.

CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO
Kapal selam KRI Nanggala-402 berlayar mendekati dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon, Banten, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNTERNATE.COM - Serpihan-serpihan yang diyakini sebagai komponen kapal selam KRI Nanggala-402 ditemukan terapung di laut.

Diketahui sebelumnya, kapal selam KRI Nanggala-402 yang sempat hilang kontak di perairan utara Bali sejak Rabu (21/4/2021) lalu, kini dipastikan subsunk alias tenggelam.

Simpulan itu didapat setelah tim pencari gabungan dari aparat TNI, Basarnas, Polri, dan berbagai unsur lainnya menemukan berbagai serpihan yang terapung di perairan utara Bali.

”Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir life support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala-402 selama 72 jam. Unsur-unsur TNI Angkatan Laut telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala-402. Serpihan ini menunjukkan bukti isyarat yang ketiga, yaitu subsunk,” kata Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dikutip dari Tribunnews.com, Sabtu (24/4/2021).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan, sejak beberapa hari lalu hingga kemarin telah ditemukan beberapa kepingan dan barang-barang yang berada di sekitar lokasi terakhir kapal selam terlihat saat menyelam.

Dia lalu membebeberkan serpihan-serpihan yang ditemukan terapung yang diyakini sebagai komponen kapal selam KRI Nanggala-402 itu.

Selain tumpahan minyak dan oli, tim pencarian menemukan serpihan pelurus tabung torpedo dan pembungkus pipa pendingin dengan tulisan Korea, pelumas periskop kapal selam, serta sajadah atau alas salat ABK KRI Nanggala.

Baca juga: Setelah 72 Jam Pencarian, KRI Nanggala-402 Resmi Dinyatakan Sub-Sunk atau Tenggelam

Baca juga: 21 KRI Dikerahkan dalam Proses Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402

FOTO ARSIP - Kapal selam KRI Nanggala-402 buatan tahun 1952 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa, Jumat (20/1/2017).
FOTO ARSIP - Kapal selam KRI Nanggala-402 buatan tahun 1952 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa, Jumat (20/1/2017). (ANTARA FOTO/Syaiful Arif/rwa via Kompas.com)

Ada pula potongan kecil busa penahan panas pada salah satu ruangan di KRI Nanggala agar tidak mengalami kondensasi. Terakhir tim pencari menemukan solar.

Yudo mengatakan, pihaknya melibatkan sejumlah ahli dan komunitas kapal selam dalam mengidentifikasikan sejumlah barang yang ditemukan di lapangan, sebelum mengambil kesimpulan.

Ia bisa meyakini bahwa barang tersebut milik KRI Nanggala-402 atas identifikasi dari para eks kru kapal selam tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved