Breaking News:

Jelang Idul Fitri, Jokowi Ingatkan Potensi Indonesia Alami Tsunami Covid-19 seperti India

Jokowi beri peringatan pada kepala daerah untuk waspada tsunami Covid-19 seperti India yang berpotensi terjadi di Indonesia jelang libur idul fitri.

Penulis: Qonitah Rohmadiena | Editor: Rohmana Kurniandari
Twitter/@jokowi
Presiden Jokowi beri peringatan pada kepala daerah untuk waspada tsunami Covid-19 seperti India yang berpotensi terjadi di Indonesia jelang libur idul fitri. 

TRIBUNTERNATE.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan kepada seluruh kepala daerah di Indonesia terkait masalah Covid-19.

Jokowi memberi peringatan kepada para kepala daerah untuk mewaspadai tsunami Covid-19 seperti India yang berpotensi terjadi di Indonesia.

Menurut Jokowi, hal ini karena sebentar lagi Indonesia akan menghadapi momen libur panjang Idul Fitri.

“Saya ulang-ulang terus ini. Kenapa Covid? Karena kita tahu perkembangan Covid di India yang kini perlu saya ingatkan karena kita juga menjelang masuk ke Hari Raya Idul Fitri,” kata Jokowi dikutip dari pernyataannya yang disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Kabinet Kamis (29/4/2021).

Jokowi meminta kepada para kepala daerah agar mewaspadai potensi lonjakan kasus Covid-19 yang akan datang seiring dengan adanya libur panjang.

“Hati-hati dengan yang namanya libur panjang, kita ini mau libur panjang di Idul Fitri. Ingat tahun lalu, ada 4 libur panjang yang kenaikannya sangat melompat,” ujarnya.

Kemudian, Jokowi menjabarkan kenaikan kasus Covid-19 pada masing-masing libur panjang tahun 2020 lalu.

“Idul fitri tahun lalu naik sampai 93%, libur Agustus tahun lalu naik sampai 119%, libur Oktober naik 95%, libur tahun baru kemarin naik sampai 78%. Libur paskah bulan lalu naik kurang lebih 2%,” paparnya.

Baca juga: WHO Sebut Virus Corona Varian B1617 India Telah Menyebar di 17 Negara, Ini Penyebab Tsunami Covid-19

Baca juga: Dirjen WHO: Gambaran Situasi Pandemi Covid-19 di India Sangat Memilukan

Oleh karena itu, Jokowi meminta kepada para kepala daerah agar selalu hati-hati.

Dirinya juga menyebutkan telah melihat beberapa daerah sudah mulai terjadi kenaikan kasus Covid-19.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved