Breaking News:

TKA China Tiba Saat Ada Larangan Mudik, Komisi V DPR: Pemerintah Gagal Hadirkan Keadilan bagi Rakyat

Membiarkan WNA masuk ke Indonesia saat larangan mudik, kata Irwan, sebagai bentuk kegagalan pemerintah hadirkan rasa keadilan bagi rakyatnya sendiri.

Editor: Rizki A
Istimewa
Puluhan warga Fouchou, China yang masih tertahan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta selama 24 jam karena pemeriksaan dokumen penerbangan, Jumat (7/5/2021). 

TRIBUNTERNATE.COM - Masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Indonesia dengan pesawat carter di tengah larangan mudik 2021 menuai polemik.

Hal ini membuat Komisi V DPR berencana untuk mengajukan pertanyaan dan meminta klarifikasi kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pertanyaan para anggota dewan tersebut akan disampaikan saat Komisi V DPR melakukan rapat kerja (raker) dengan Budi Karya Sumadi pada Rabu (2/6/2021) mendatang.

"Rabu, 2 Juni nanti ada raker dengan Menhub. Pada kesempatan itu kami akan minta klarifikasi pak menteri terkait polemik WNA itu," kata anggota Komisi V DPR Irwan saat dihubungi, Senin (17/5/2021).

Irwan menilai, persoalan WNA asal China masuk ke Indonesia menggunakan pesawat carter atau reguler saat Lebaran, bukan menjadi masalah utama bagi masyarakat. 

"Rakyat tahunya bahwa WNA itu juga mestinya dilarang masuk tanah air selama rakyat sendiri dilarang mudik," ucap Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu. 

Membiarkan WNA masuk ke Indonesia saat larangan mudik, kata Irwan, sebagai bentuk kegagalan pemerintah hadirkan rasa keadilan bagi rakyatnya sendiri. 

"Dengan alasan apa pun itu sulit diterima akal sehat rakyat, bagaimana ratusan WNA dari China terus berdatangan dengan alasan kerja dan lolos protokol kesehatan," ucap Irwan. 

"Sementara rakyat sendiri dibatasi dan dilarang mudik, tanpa bantuan pemerintah untuk kehidupan rakyat yang sedang susah selama larangan mudik," sambungnya. 

Baca juga: Menkes Budi Gunadi Ungkap Ada Potensi Kenaikan Kasus Covid-19 Sebanyak 30-80 Persen Pasca Lebaran

Baca juga: Pertanyakan TWK, Eks Ketua KPK: Mestinya TWK Tidak Beda-bedakan antara Pegawai KPK atau ASN

Baca juga: Gaza Terus Digempur Israel, Lebih dari 200 Orang Tewas dalam Waktu Sepekan

Baca juga: 75 Pegawai KPK yang Dinonaktifkan Laporkan Firli Bahuri ke Dewan Pengawas KPK

Diketahui, pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF855 dari Fuzhou, China, mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis 13 Mei 2021, sekitar pukul 12.20 WIB.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved