Breaking News:

Virus Corona

Menkes Budi Gunadi Ungkap Penyebab Lonjakan Kasus Covid-19 Klaster Keluarga, Ada 3 Faktor Utama

Menkes Budi Gunadi ungkap adanya tiga faktor utama yang menjadi penyebab tingginya klaster keluarga dalam lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran.

ist
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat jumpa pers dengan media asing di Kantor Presiden, Rabu (2/9/2020). 

TRIBUNTERNATE.COM - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkap sejumlah faktor utama yang menjadi penyebab tingginya klaster keluarga dalam lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Faktor-faktor tersebut diungkap oleh Menkes Budi Gunadi berdasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas yang digelar pada Senin (14/6/2021).

Faktor utama yang disebutkan oleh Presiden itu berasal dari tiga aktivitas keluarga, yakni aktivitas mudik, aktivitas pariwisata, dan aktivitas makan.

"Presiden juga menyarankan bahwa banyak kluster keluarga yang terjadi, khususnya disebabkan oleh aktivitas mudik, aktivitas pariwisata seperti yang kemarin terjadi di Pangandaran, kemudian juga aktivitas makan," tutur Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari keterangan persnya, Senin (14/6/2021).

Untuk itu, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada jajarannya agar memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) di kalangan masyarakat.

Khususnya pada tiga aktivitas yang menjadi faktor utama melonjaknya kluster keluarga.

Baca juga: Bunga Citra Lestari Positif Covid-19, Doa dari Rekan Artis Mengalir, Ada Vidi Aldiano hingga Judika

Baca juga: Menkes Budi Gunadi Ungkap Ada Potensi Kenaikan Kasus Covid-19 Sebanyak 30-80 Persen Pasca Lebaran

"Sehingga beliau meminta agar ketiga aktivitas di mana ada kesempatan untuk membuka maskernya tinggi, ini benar-benar diperhatikan."

"Dan sekali lagi, implementasinya di lapangannya diperketat untuk kegiatan-kegiatan seperti liburan panjang, kegiatan-kegiatan pariwisata yang berkerumun dan juga kegiatan-kegiatan makan bersama, itu yang beliau tekankan," tegas Budi Gunadi.

Panduan dari Satgas Covid-19 untuk Cegah Penularan Klaster Keluarga

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, klaster keluarga menjadi salah satu klaster yang menyumbangkan angka cukup tinggi terkait dengan kasus Covid-19.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved