Breaking News:

Bolehkah Divaksin Covid-19 setelah Mendapatkan Vaksin Lain? Ini Penjelasan CDC dan Satgas Covid-19

Menurut CDC dan Satgas Covid-19 Indonesia, vaksin Covid-19 bisa diberikan secara bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan dengan vaksin lain.

Robert Atanasovski/AFP via france24.com
Ilustrasi Vaksin - Menurut CDC dan Satgas Covid-19 Indonesia, vaksin Covid-19 bisa diberikan secara bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan dengan vaksin lain. 

TRIBUNTERNATE.COM - Vaksin Covid-19 bisa diberikan secara bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan dengan vaksin lain.

Menurut keterangan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan boleh menerima vaksin Covid-19 bersamaan dengan vaksin lainnya.

Pengumuman ini diberikan saat pertemuan Komite Penasihat CDC tentang Praktik Imunisasi (ACIP), di mana komite memberikan cap persetujuan bagi anak-anak berusia 12 tahun untuk menerima vaksin Covid-19 Pfizer.

DIkutip dari Verywellhealth, Kate Woodworth, MD, seorang dokter anak di CDC mengatakan, pengalaman dengan vaksin non-Covid-19 menunjukkan bahwa kemampuan vaksin untuk menciptakan respons kekebalan, bersama dengan potensi efek samping, umumnya serupa ketika vaksin diberikan secara bersamaan seperti saat diberikan.

Sebelumnya ini, ACIP merekomendasikan agar vaksin Covid-19 diberikan sendiri, dengan minimal 14 hari sebelum atau sesudah vaksin lain diberikan.

Di bawah rekomendasi ACIP yang baru, vaksin Covid-19 dan vaksin lainnya dapat diberikan secara bersamaan atau berdekatan.

Yaitu pemberian vaksin Covid-19 dan vaksin lainnya pada hari yang sama, serta pemberian vaksin Covid-19 dan vaksin lainnya dalam waktu 14 hari.

Sementara itu, selain dari CDC, menurut keterangan Satgas Covid-19 Indonesia yang diunggah di laman covid19.go.id, vaksin Covid-19 bisa diberikan bersamaan dengan vaksin lain.

Namun, Satgas Covid-19 menganjurkan untuk memberikan jeda selama 28 hari hingga satu bulan dengan vaksin lainnya karena vaksin Covid-19 terhitung vaksin yang masih baru dan belum banyak data yang diteliti.

"Vaksin Covid-19 bisa diberikan bersama vaksin lain. Namun karena vaksin Covid-19 adalah jenis vaksin baru maka sebaiknya diberikan dengan jeda 28 hari/satu bulan dengan vaksin lainnya," tulis keterangan Satgas Covid-19 dikutip dari laman covid19-go.id.

Baca juga: Lebih Mudah, Masyarakat Bisa Vaksinasi Covid-19 Tanpa Syarat KTP Domisili

Baca juga: Ibu Menyusui yang Sudah Divaksin Bisa Salurkan Antibodi Covid-19 pada Bayi melalui ASI

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved