Breaking News:

Virus Corona

Penelitian: Orang yang Telah Divaksinasi Covid-19 Kecil Kemungkinan Menderita Long Covid

Orang terinfeksi virus corona setelah divaksinasi dosis lengkap, kecil kemungkin mengalami gejala long covid dibandingkan orang yang tidak divaksinasi

Freepik
Ilustrasi vaksin Covid-19 - Orang-orang terinfeksi virus corona setelah divaksinasi dosis lengkap, kecil kemungkin untuk mengalami gejala long covid dibandingkan dengan orang yang tidak divaksinasi. 

TRIBUNTERNATE.COM - Orang-orang yang terinfeksi virus corona setelah divaksinasi dosis lengkap, kecil kemungkin untuk mengalami gejala long covid, dibandingkan dengan orang yang tidak divaksinasi.

Hal ini dinyatakan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada para orang dewasa di Inggris.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Infectious Diseases pada Rabu (1/9/2021) itu juga memberikan lebih banyak bukti bahwa dua dosis suntikan vaksin Pfizer-BioNTech, Moderna dan AstraZeneca menawarkan perlindungan yang kuat terhadap penyakit simtomatik dan parah.

"Studi pertama yang menunjukkan bahwa long Covid-19 berkurang dengan vaksinasi dua dosis, dan itu berkurang secara signifikan," kata Dr Claire Steves, seorang ahli geriatri di King's College London dan penulis utama peneliti tersebut dikutip dari The Strait Times Kamis (2/9/2021).

Meskipun banyak orang dengan Covid-19 pulih dalam beberapa minggu, beberapa mengalami gejala jangka panjang, yang dapat melemahkan kondisi tubuh mereka.

Efek samping yang tersisa yang dikenal sebagai long Covid tersebut seperti kelelahan, sesak napas, kabut otak, jantung berdebar, dan gejala lainnya.

Namun, masih banyak kondisi lainnya yang masih belum terungkap.

"Kami belum memiliki pengobatan untuk long Covid-19," kata Dr Steves.

Menurutnya, dengan mendapatkan vaksinasi adalah strategi pencegahan yang dapat dilakukan semua orang untuk mencegah long Covid.

Baca juga: Sudah Sembuh dari Covid-19, tapi Masih Rasakan Gejala? Kenali Apa Itu Long Covid & Cara Mencegahnya

Baca juga: Sakit Tenggorokan? Kenali Perbedaan Sakit Tenggorokan karena Covid-19, Pilek atau Alergi Berikut Ini

Ilustrasi stress saat jalani isolasi mandiri karena Covid-19.
Ilustrasi long Covid. (Unsplash/Engin Akyurt)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah mengkonfirmasi bahwa varian Delta yang sangat menular menyebabkan lebih banyak infeksi daripada versi virus lainnya, meskipun infeksi pada orang yang telah divaksinasi penuh masih cenderung ringan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved