Breaking News:

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW: Sejarah serta Nilai dan Maknanya

Maulid Nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal pada kalender Hijriyah.

Madeenah.com
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 

TRIBUNNEWS.COM - Maulid Nabi yang merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW jatuh pada 12 Rabiul Awal pada kalender Hijriyah. 

Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab artinya hari lahir.

Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat.

Dikutip dari marabahan.go.id peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (wilayah Irak sekarang) yang bernama Muzhaffaruddin Al-Kaukabri pada awal abad ke 7 Hijriyah.

Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata:

"Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan Rabi'ul Awal, dia merayakannya secara besar-besaran, dan dia adalah seorang yang berani, pahlawan, alim, dan seorang yang adil, semoga Allah merahmatinya."

Dijelaskan oleh Sibth Ibn Al-Jauzi dalam peringatan tersebut, Sultan Al-Muzhaffar mengundang seluruh rakyatnya dan seluruh ulama dari berbagai disiplin ilmu.

Baik ulama dalam bidang ilmu Fiqh, Ulama Hadist, Ulama dalam bidang ilmu kalam, ulama usul, para ahli tasawuf, dan lainnya.

sebelum hari pelaksanaan Maulid Nabi, ia telah melakukan berbagai persiapan.

Ribuan kambing dan unta disembelih untuk hidangan tamu yang akan hadir dalam perayaan Maulid Nabi.

Syekh Ali Jaber bersama Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal dan Syekh Adel Al-Kalbani menyerahkan Alquran Braille digital untuk para tunanetra di Banda Aceh pada acara peringatan maulid Nabi Besar Muhamammad SAW di Balai Kota Banda Aceh, Kamis, 26 Februari 2017.
Syekh Ali Jaber bersama Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal dan Syekh Adel Al-Kalbani menyerahkan Alquran Braille digital untuk para tunanetra di Banda Aceh pada acara peringatan maulid Nabi Besar Muhamammad SAW di Balai Kota Banda Aceh, Kamis, 26 Februari 2017. (Dokumen Humas Pemko Banda Aceh)
Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved