Breaking News:

Paling Lambat 30 November 2021, Ini Cara Ganti Kartu ATM BCA Magnetik ke Chip, Bisa via Halo BCA

Kartu debit BCA non chip yang meliputi Kartu ATM BCA dan Kartu Debit BCA tidak akan bisa digunakan lagi per 1 Desember 2021. 

calcitecu.com
ILUSTRASI kartu ATM 

TRIBUNTERNATE.COM - Sejumlah bank meminta para nasabah untuk mengganti kartu debit bank atau ATM lama dan menggantinya dengan kartu terbaru.

Diketahui, kartu ATM gesek atau kartu yang menggunakan pita magnetik sudah tidak bisa digunakan lagi pada akhir 2021 nanti.

Nantinya, kartu ATM pita magnetik akan diganti dengan kartu ATM berbasis chip, yang diklaim lebih aman.

Diketahui, untuk kartu debit BCA non chip yang meliputi Kartu ATM BCA dan Kartu Debit BCA tidak akan bisa digunakan lagi per 1 Desember 2021. 

Itu artinya, batas waktu penukaran kartu ATM BCA non chip ke kartu ATM BCA chip tinggal seminggu lagi tepatnya 30 November 2021.

Adanya kebijakan penukaran ini dalam rangka untuk meningkatkan keamanan nasabah dalam melakukan transaksi khususnya lewat ATM.

Kebijakan tersebut telah tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP tertanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit.

Dalam surat edaran itu, tertulis mulai 1 Januari 2022 seluruh transaksi ATM dan/atau kartu debit domestik wajib menggunakan kartu dengan teknologi chip berstandar nasional.

Terkait praktik penukaran ATM non chip sebenarnya sudah dilakukan sejak 1 Juli 2016.

Adanya aturan tersebut pun membuat bank BCA juga memberikan fasilitas untuk nasabah yang ingin menukarkan kartu ATM BCA non chip.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved