Aturan Perjalanan selama Nataru Diperketat, Warga yang Baru Divaksin Dosis Satu Tak Bisa Bepergian

Kemenhub mengeluarkan SE yang berisi aturan terbaru tentang perjalanan orang dalam negeri selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
ILUSTRASI Mobilitas masyarakat selama periode Nataru di stasiun Pasar Senen, Jakarta. 

TRIBUNTERNATE.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah mengeluarkan peraturan perjalanan orang dalam negeri selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Hal ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati dalam siaran pers virtual pada Senin (20/12/2021).

Seperti diketahui, perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) hampir selalu diikuti dengan mobilitas masyarakat yang tinggi.

Mobilitas masyarakat ini pun melibatkan seluruh moda transportasi, baik itu darat, umum, dan udara.

Dalam perjalanannya, masyarakat juga akan menggunakan kendaraan pribadi serta tranportasi umum.

Pergerakan masyarakat yang tinggi di momen libur Nataru ini lantas dikhawatirkan dapat meningkatkan penyebaran virus corona.

Terlebih, saat ini Covid-19 varian Omicron yang lima kali lipat lebih menular daripada varian Delta sudah terdeteksi di Tanah Air.

Dengan demikian, pemerintah melalui Kemenhub mengeluarkan surat edaran yang berisi peraturan perjalanan masyarakat untuk mengerem laju penyebaran Covid-19 selama periode libur Nataru.

Baca juga: Di Tengah Ancaman Omicron, 37.214 WNI telah Pergi ke Luar Negeri Jelang Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Kemenhub RI Rilis Aturan Baru Penerbangan Internasional, Antisipasi Varian Baru Virus Corona

Surat edaran yang diterbitkan oleh Kemenhub tersebut akan mengatur dan mengetatkan perjalanan orang dan pengoperasian seluruh moda transportasi selama periode Nataru.

Nantinya, surat edaran Kemehub itu akan berlaku selama 10 hari, terhitung mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Oleh karenanya, kami dari Kementerian Perhubungan telah menerbitkan surat edaran terkait dengan pengendalian transportasi dan petunjuk pelaksanaan perjalanan penumpang dalam negeri di semua moda transportasi," kata Adita Irawati dalam konferensi pers, Senin (20/12/2021).

"Surat edaran nomor 109 untuk transportasi darat, nomor 110 untuk transportasi laut, nomor 111 untuk transportasi udara, dan nomor 112 untuk transportasi kereta api yang akan berlaku sejak tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022," imbuhnya.

Ilustrasi mobilitas masyarakat selama pandemi Covid-19.
Ilustrasi mobilitas masyarakat selama pandemi Covid-19. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Adita mengatakan, keempat surat edaran yang diterbitkan oleh Kemenhub itu merujuk pada Surat Edaran Satgas Covid-19 nomor 24 dan Instruksi Mendagri nomo 66 dan 67.

Diketahui, SE Satgas Covid-19 Nomor 24 mengatur tentang aktivitas dan mobilitas masyarakat selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di masa pandemi Covid-19.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved