Breaking News:

Sering Bertugas ke Luar Negeri, Menlu Retno Marsudi Bagikan Rahasianya Cegah Jet Lag

Tak jarang, Retno Marsudi juga mengalami jet lag saat harus bepergian ke luar negeri karena bertugas, tetapi hal itu dapat diatasi dengan cara ini.

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
Tribunnews/HO/BPMI/Muchlis Jr
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi saat memberikan keterangan pers terkait kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). 

TRIBUNTERNATE.COM - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI), Retno Lestari Priansari Marsudi membagikan rahasianya dalam menghadapi jet lag saat harus bepergian ke luar negeri karena tugas negara.

Jet lag sendiri adalah gangguan tidur sementara yang dialami seseorang karena jam internal tubuh tidak sinkron dengan isyarat zona waktu setempat.

Jet lag biasanya dialami oleh mereka yang bepergian ke luar negeri dengan perbedaan zona waktu yang cukup jauh dengan daerah asalnya.

Hal ini juga dialami oleh Menlu Retno Marsudi yang sering kali mendapat tugas bepergian ke luar negeri, terlebih di masa pandemi.

Sama seperti orang pada umumnya, Retno juga mengaku tak jarang mengalami jet lag saat bertugas ke luar negeri.

Namun, hal itu telah disadari oleh Retno dan bahkan ia sudah melakukan upaya pencegahan dini, yakni sejak saat pertama ia melakukan penerbangan ke negara tujuan.

Baca juga: Jokowi Larang Menteri Bepergian ke Luar Negeri, Hanya Menlu RI Retno Marsudi yang Diperbolehkan

Baca juga: Potret Keakraban Sri Mulyani & Retno Marsudi, 2 Wanita Cerdas Alumni SMAN 3 Semarang Andalan Jokowi

Hal tersebut diungkapkan oleh Retno Marsudi dalam sebuah video di kanal YouTube Rans Entertainment yang tayang pada Rabu (5/1/2021).

Saat tiba di negara tujuan, alumna Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengaku langsung berolahraga ringan dengan melakukan jogging.

Olahraga santai itu dilakukan Retno agar tubuhnya selalu sehat, dan agar dirinya bisa beristirahat dengan benar sesuai dengan zona waktu negara tujuan.

"Pokoknya begini, misalnya aku pergi ke New York, so.. hal pertama yang aku lakukan begitu datang, buka koper, terus ganti baju olahraga, terus aku lari [jogging]," tutur Retno Marsudi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved