Breaking News:

Polisi Mulai Selidiki Kasus Dugaan Penyerobotan Tanah oleh 70 KK di Ternate Selatan

Sat Reskrim Polres Ternate telah melakukan penyelidikan terhadap laporan dugaan penyerobotan lahan di Lingkungan Parton, Kelurahan Mangga Dua.

Penulis: Yasim Mujair | Editor: Rizki A
TribunTernate.com
Kuasa Hukum Andy Tjakra, Muhammad Konoras. Andy Tjakra merupakan pelapor dugaan kasus penyerobotan lahan oleh 70 kepala keluarga di Lingkungan Parton, Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Ternate Selatan. 

TRIBUNTERNATE.COM - Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Ternate telah melakukan penyelidikan terhadap laporan dugaan penyerobotan lahan oleh 70 kepala keluarga (KK) di Lingkungan Parton, Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Ternate Selatan

Muhammad Konoras, sekalu kuasa hukum pelapor saat dikonfirmasi menuturkan, kasus dugaan penyerobotan tanah oleh sebagian masyarakat di Kelurahan Mangga Dua Parton ini telah dimulai oleh penyelidik atau pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) oleh penyidik. 

"Di mana klien saya sebgai pemilik lahan yang sah atas nama Andy Tjakra telah diambil keterangannya oleh penyidik pada Jumat, 7 Januari 2022," kata Konoras, Minggu (9/1/2022). 

Konoras berkata, setelah polisi mengambil keterangan kliennya, penyidik berencana akan mengundang 70 kepala keluarga tersebut untuk dilakukan mediasi. 

 "Kalau tidak terjadi kesepakatan untuk berdamai, maka akan dilanjutkan dengan proses pidana dan bisa saja diajukan ke pengadilan," tegasnya. 

Meski demikian, Konoras berharap masyarakat yang menempati lahan tanpa ijin dari kliennya itu dapat menyadari bahwa hak orang tetap hak orang dan wajib menyerahkan atau mengembalikan lahan yang dikuasai tersebut kepada yang paling berhak, yaitu Andy Tjakra

"Apalagi sebagai orang yang beragama wajib menghargai hak orang lain," ucapnya. 

Konoras menambahkan, dalam waktu dekat dirinya juga akan melayangkan somasi kedua setelah somasi pada tahun 2017 lalu.

Hal ini nantinya akan menjadi dasar bagi polisi untuk meneruskan penyelidikan dan penyidikan bila tidak ada niat baik dari masyarakat untuk menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan. 

"Saya juga akan melayangkan somasi kedua," tandasnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved