Breaking News:

Terawan Klaim Vaksin Nusantara Bisa Lawan Omicron dan Siap Dijadikan Booster

Terawan mengatakan vaksin Nusantara bisa melawan varian Omicron dan siap dijadikan vaksin tambahan atau booster.

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Penggagas vaksin Nusantara, Terawan Agus Putranto - Mantan Menteri Kesehatan sekaligus penggagas vaksin Nusantara, Terawan Agus Putranto menyebutkan, vaksin buatannya bisa melawan varian Omicron dan siap dijadikan vaksin tambahan atau booster. 

TRIBUNTERNATE.COM - Mantan Menteri Kesehatan sekaligus penggagas Vaksin Nusantara, Terawan Agus Putranto menyebutkan, vaksin buatannya bisa melawan varian Omicron dan siap dijadikan vaksin tambahan atau booster.

Pria yang baru saja dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Bidang Kesehatan Militer oleh Universitas Pertahanan itu mengatakan bahwa vaksinnya bisa meningkatkan imunitas tambahan terhadap Covid-19.

"Ya sangat baik karena bisa menjadi vaksin pelengkap, kalau itu mau dinamakan vaksin. Tapi lebih wise lagi kalau dinamakan imunitas. Meningkatkan imunitas tambahan," kata Terawan dalam sesi tanya jawab bersama Wartawan setelah dikukuhkan menjadi Guru Besar di Universitas Pertahanan, Rabu (13/1/2022) yang disiarkan di kanal Youtube KompasTV.

Terawan pun mengklaim bahwa vaksin gagasannya itu bisa melawan varian baru virus corona yang diketahui lebih menular, Omicron.

"Bisa (lawan omicron). Tentu saja bisa," tegas Terawan.

Terawan mengatakan, vaksin buatannya itu mempunyai kemiripan dengan PCR.

Baca juga: Penelitian: Tak Ada Kekebalan Terhadap Covid-19 Omicron Jika Tidak Divaksinasi Booster

Baca juga: Badan Kesehatan Uni Eropa Sebut Vaksin Booster Berulang Bisa Lemahkan Sistem Imun Manusia

Baca juga: Jenis Vaksin Covid-19 Booster di Indonesia: Setengah Dosis Vaksin Moderna, Pfizer, dan AstraZeneca

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa alat untuk membuat vaksin Nusantara itu sangat sederhana, sehingga tidak membutuhkan banyak biaya.

"Jelas dapat didistribusikan secara massal, ini mirip dengan PCR."

"Alat untuk membuat Vaksin Nusantara ini sangat sederhana, jauh lebih sederhana daripada PCR, sehingga investasinya jauh lebih," terang Terawan.

Kemudian, dirinya mengatakan bahwa sedang dalam proses mengajukan izin Vaksin Nusantara agar dapat didistribusikan secara massal.

"Semua kita menunggu aturan yang dibuat oleh pemerintah, kita sangat taat dan tunduk pada pemerintah."

"Apa pun yang dibuat itu yang terbaik untuk Indonesia," katanya.

"Komunikasi terus dilakukan, mudahan vaksin nusantara bisa jadi penambah imunitas bagi rakyat indonesia," pungkas Terawan.

Video selengkapnya.

(TribunTernate.com/Qonitah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved