Daftar Efek Samping Vaksin Booster dari Pfizer hingga AstraZeneca, Ini Cara Atasi Rasa Sakitnya

Simak efek samping yang dihasilkan oleh vaksin booster dari Pfizer hingga AstraZeneca, lengkap dengan cara atasi dan meredakan rasa sakitnya.

TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Tenaga medis menyuntikan vaksin booster ke peserta di Masjid Al Itihad Tebet, Jakarta, Sabtu (26/03/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Simak efek samping yang dihasilkan oleh vaksin booster dari AstraZeneca hingga Pfizer dan cara mengatasinya.

Seperti diketahui, pada 23 Maret 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa masyarakat bisa melakukan mudik Lebaran di tahun 2022 ini.

Namun, ada syarat yang perlu dipenuhi agar bisa mudik Lebaran 2022, yakni harus sudah melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap alias dua dosis ditambah dengan vaksin booster.

"Bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran, dipersilakan. Dengan syarat dua kali vaksin dan satu kali booster," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/3/2022).

Sejalan dengan itu, pemerintah pun memperluas layanan sentra vaksinasi booster jelang Ramadan dan Lebaran 2022 agar masyarakat dapat mengakses vaksin tambahan dengan mudah.

Namun, sebelum melakukan vaksinasi booster, Anda perlu mengetahui kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) atau efek samping yang dihasilkan dari vaksin booster dan juga cara mengatasinya.

Baca juga: Menkes Ungkap Alasan Pemerintah Wajibkan Vaksin Booster untuk Mudik Lebaran: Demi Lindungi Lansia

Baca juga: Masyarakat yang Belum Vaksinasi Booster Tetap Bisa Mudik Lebaran 2022, Ini Syaratnya

Sebagian besar orang akan mengalami efek samping dari vaksin booster, dan itu merupakan tanda normal bahwa tubuh sedang membangun perlindungan.

Mulai dari demam, sakit kepala, kelelahan, hingga nyeri di tempat suntikan adalah efek samping yang paling sering dilaporkan setelah mendapatkan vaksin booster.

Mengutip Tribunnews.com, berikut sederet efek samping dari enam jenis vaksin booster yang tersedia di Indonesia:

CoronaVac atau Sinovac

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved