Mulai Hari Ini Siaran TV Analog di 3 Wilayah akan Dimatikan, Ini Cara untuk Pindah ke TV Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mulai mematikan siaran televisi (TV) analog mulai hari ini, Sabtu (30/4/2022).

Pexels/Oleg Magni
ILUSTRASI TV Digital. 

TRIBUNTERNATE.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mulai mematikan siaran televisi analog mulai hari ini, Sabtu (30/4/2022).

Pada hari yang sama, siaran TV analog akan diganti ke siaran TV digital atau disebut dengan tahap migrasi (Analog Switch Off/ASO). 

Penghentian siaran TV analog ini tak secara langsung dilakukan di seluruh Indonesia, melainkan dilakukan secara bertahap.

Pada tahap I penghentian siaran TV analog ini akan menyasar tiga wilayah Nusantara, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua Barat, dan Riau, dengan total delapan kabupaten/kota.

Dengan begitu, warga di delapan daerah tersebut tidak akan lagi bisa menonton TV dengan antena biasa, dan harus beralih ke TV digital.

Pengumuman penghentian siaran TV analog di tiga wilayah ini disampaikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.

Melansir Kompas.com, Johnny mengatakan, hanya ada tiga wilayah yang siaran TV analognya akan dimatikan total pada Sabtu (30/4/2022) pukul 24.00 WIB.

"Penghentian tetap siaran TV analog tahap pertama dimulai dari tiga wilayah siaran, yang berada di tiga provinsi dan di delapan kabupaten/kota," kata Johnny dalam konferensi pers bertajuk Kick Off Analog Switch Off (ASO) Tahap 1, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: Puan Maharani Sindir Ada Capres Ganteng, Enak Dilihat di TV dan Medsos, Tapi Tak Bisa Kerja

Baca juga: Siaran TV Analog Akan Mati, Warga Maluku Utara Diminta Beralih ke Digital

Adapun delapan kapubaten/kota di tiga provinsi yang siaran TV analognya akan dimatikan total pada 30 April 2022 adalah:

- NTT-3: Kabupaten Timor Tengah Utara

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved