Sederet Negara Ini Izinkan Warga Wanitanya Miliki Suami Lebih dari Satu alias Poliandri, Apa Itu?

Poliandri sendiri adalah sistem perkawinan di mana seorang wanita memiliki suami lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan.

Pexels/Trung Nguyen
ILUSTRASI Pernikahan - Lima negara di dunia perbolehkan warga wanitanya untuk menikahi pria lebih dari satu. 

TRIBUNTERNATE.COM - Meski terdengar tabu, rupanya poliandri normal dan diperbolehkan oleh sejumlah negara di dunia.

Poliandri sendiri adalah sistem perkawinan di mana seorang wanita memiliki suami lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan.

Dengan demikian, perempuan yang melakukan poliandri adalah perempuan yang memiliki dua orang suami berbeda dalam satu waktu.

Bagi pemeluk agama Islam, poliandri tidak diperbolehkan. Sebab, ajaran agama Islam melarang wanita memiliki dua suami.

Dalam Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam yang ditulis oleh Misran dan Muza Agustina dan berjudul Faktor-Faktor terjadinya Poliandri di Masyarakat, disebutkan beberapa alasannya.

Pertama, poliandri disebut akan menimbulkan mudharat yaitu dari segi keturunan, ketidaktahuan menentukan ayah biologis dari anak yang dilahirkan sangat tinggi.

Di sisi lain, pemeriksaan medis seperti cek DNA tidak bisa dipastikan 100 persen, sehingga tidak bisa menjadi sandaran secara syari dalam penetapan nasab atau dalam mengingkarinya, yang akan juga berdampak pada permasalahan kewarisan.

Baca juga: Rey Mbayang Ingin Perankan Suami yang Poligami, Dinda Hauw Anggap Wajar: Ingin Belajar

Baca juga: Siap-siap, WhatsApp Luncurkan 5 Fitur Baru pada Tahun 2022, Apa Saja?

Dasar hukum yang dapat dijadikan rujukan diharamkannya poliandri terdaat dalam Al-Quran surat An-Nisa' ayat 24, berbunyi:

"Dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, kecuali budah-budak yang kamu miliki, (Allah telah menetapkan hukum itu) sebagai ketetapan-Nya atas kamu. dan dihalalkan bagi kamu selain yang demikian, (yaitu) mencari isteri-isteri dengan hartamu untuk dikawini bukan untuk berzina. Maka isteri-isteri yang telah kamu nikmati (campuri) di antara mereka, berikanlah kepada mereka maharnya (dengan sempurna), sebagai suatu kewajiban; dan tiadalah mengapa bagi kamu terhadap sesuatu yang kamu telah saling merelakannya, sesudah menentukan mahar itu." (QS. An-Nisa': 24)

Pada dasarnya, hukum perkawinan di Indonesia menganut asas monogami, hal ini tertuang dalam pasal 3 ayat (1) UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (UUP).

Pasal tersebut menyebut bahwa seorang pria hanya boleh mempunyai seorang istri, dan seorang wanita hanya boleh mempunyai seorang suami.

Daftar Negara yang Mempraktikkan Poliandri

Berikut adalah lima negara yang mempraktikkan poliandri, seperti dikutip Tribunnews.com dari guardian.ng:

1. Nigeria

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved