Wisata Ternate

Dukungan Geopark Nasional Kota Ternate Dijuluki Sebagai Pulau Gunung Api

Berbagai pihak dalam sebuah diskusi di Ternate sepakat untuk memberikan dukungan Geowisata Batu Angus menjadi Geopark Nasional.

Tribunternate.com/Yunita Kaunar.
Walikota Ternate, Mohamad Tauhid Soleman, saat membuka Seminar Nasional Wisata Geopark Ternate, Senin (20/6/2022). Dalam seminar tersebut semua pihak sepakat untuk jadikan Wisata Geopark Ternate menjadi Geopark Nasional. 

TRIBUNTERNATE.COM – Dukungan Geowisata Batu Angus Kota Ternate dalam rangka pemenuhan persyaratan suatu Geopark (Aspiring Geopark) menjadi Geopark Nasional sudah berada dititik penyelesaian, dan dijuluki sebagai Pulau Gunung Api.

Dukungan ini langsung dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia – Masyarakat Geologi Indonesia (IAGI-MAGI).

Dukungan ini melalui Seminar Nasional dengan tema; Tata Kelola Geowisata untuk mendukung Aspiring Geopark Ternate, yang dibuka langsung oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, bertempat di Villa Ria, Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan pada Senin (20/6/2022).

Narasumber dalam seminar tersebut, yakni; Koordinator Sekretariat Rencana Aksi (PAN) Geopark Bappenas, Dr. Togu Pardede, Ketua IAGI-MAGI, Dr. Heryadi Rachmat, IAGI Maluku Utara, Abdul Kadir D. Arif, dan Badan Pengelola dan Pengembangan Geopark Ternate, Rizal Marsaoly, dan Prof. Mega Fatimah Rosana.

Walikota dalam sambutannya saat membuka seminar Nasional tersebut, sangat mendukung wisata Batu Angus sebagai Geopark Nasional, kita terus mendukung hingga Internasional nantinya.

“Kita sangat mendukung, karena jika dilaknat Kabupaten Kota lain memiliki sumber daya alam yang menimbal, kita Ternyata punya wisata yang begitu unik, yaitu Batu Angus ini sendiri, meskipun kita memiliki sejarah kelam atas erupsi Gunung Gamalama namun saat ini menjadi anugerah untuk masyarakat kita,”ungkapnya.

Ia juga bakal mendorong, agar para UMKM melalui Wisata Batu Angus ini para UMKM tetap dapat hidup.

“Kita harus memanfaatkan potensi yang kita miliki, melalui Wisata Batu Angus tersebut, warga sekitar juga dapat merasakan manfaatkan dari wisata Batu Angus Tersebut,”katanya.

Usai seminar, Kepala Bappelitbangda sebagai Badan Pengelola dan Pengembangan Geopark Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, kegiatan ini juga sebagai persyaratan menuju geowisata atau geopark Nasional.

“Nantinya, aspiring ini akan masuk dan tercatat di Badan Geologi Bandung, karena semua tahapan dan ketentuannya sudah mulai rampung, sebagaimana diketahui bahwa dokumen itu pernah diserahkan,” ucap Rizal kepada sejumlah Wartawan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved